suplemenGKI.com

Bacaan : Lukas 24 : 45 -49.

Thema : Kebangkitan Kristus Membuka Selubung Pikiran.

PENGANTAR
Ada banyak penyebab yang mengakibatkan banyak orang gagal paham. Misalnya sebuah peristiwa yang sangat mengerikan dapat mempengaruhi pikiran seseorang sehingga gagal paham. Atau sebuah peristiwa yang sangat menakutkan. Tentu saja peristiwavpenderitaan dan kematian Kristus diatas kayu salib  yang sangat mengerikan itu menyisakan persoalan yang mendalam yaitu ketakutan dan kekecewaan. Itulah yang menjadikan para murid gagal paham terhadap peristiwa kebangkitan. Lalu sampai kapan ketakutan dan kekecewaan itu menghantui dalam diri para murid ?

PEMAHAMAN.

  1. Apa pengertian dari kalimat “Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci” ? (ayat 45 )
  2. Apa yang diberitakan dalam Kitab Suci mengenai Mesias ? ( ayat 46-47 )
  3. Apa yang dinyatakan dan diperintahkan Tuhan Yesus kepada para murid ? ( ayat 48-49 )

Ketakutan dan kekecewaan para murid telah menutupi pikiran mereka sehingga mereka tidak mengerti akan kebangkitan Yesus Kristus. Yesus Kristus sudah menjelaskan dan membuktikan kebangkitan-Nya, namun mereka juga tetap ragu-ragu. Sampai pada satu titik dimana Tuhan Yesus membuka pikiran para murid. Setiap selubung yang menutupi pikiran para murid dibuka oleh Tuhan Yesus, agar mereka mengerti maksud hati Tuhan Yesus, bagaimana caranya ?

Pertama-tama, Tuhan Yesus menyatakan melalui Kitab Suci, bahwa “Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga” ( 46 ). Bagi Tuhan Yesus, salib dan kebangkitan merupakan untaian peristiwa sejarah dalam rangka penyelamatan Allah bagi dunia. Dan Yesus Kristus adalah penggenapan akan hal itu.

Kedua : Tuhan Yesus menegaskan,  dalam nama-Nya, berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus di beritakan”. Karya penyelamatan Allah harus berlanjut dan harus terus diberitakan agar kasih Allah dapat menyentuh setiap hati untuk bertobat.

Ketiga : Tuhan Yesus menyatakan bahwa murid-murid adalah saksi. Mereka adalah saksi dari setiap peristiwa yang dikerjakan Tuhan Yesus baik melalui kehidupan-Nya, kematian-Nya maupun kebangkitan-Nya. Melalui ungkapan inilah para murid mengerti bahwa Yesus Kristus telah bangkit dari kematian. Untuk itu murid-murid harus menyaksikan peristiwa Kristus sebagai karya penyelamatan Allah bagi dunia. Dan mereka akan diperlengkapi oleh Tuhan dengan kuasa dari tempat yang Mahatinggi. Luar biasa, Tuhan yang memerintah, Tuhan jugalah yang memperlengkapi. 0leh sebab itu jangan takut menjadi saksi Tuhan.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : apakah anda paham apa yang diinginkan Tuhan dalam hidup anda ? Bagaimana jika Tuhan menginginkan anda menjadi saksi-Nya ? Apa jawaban anda ?

TEKADKU
Ya Tuhan, bukalah pikiran saya, agar saya dapat memahami apa yang Engkau inginkan dalam hidup saya.

TINDAKANKU
Saya akan melakukan apa yang Tuhan inginkan dalam kehidupan saya, termasuk menjadi saksi.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«