suplemenGKI.com

Kesetiaan Pengikut Yesus

Bagian ini menceritakan adanya penderitaan bagi pengikut Kristus, pada bagian ini tidak diceritakan kapan hal itu akan terjadi. Namun bagian lain menyatakan bahwa hal itu akan terjadi dan didahului oleh tanda-tanda munculnya mesias-mesias palsu.

  1. Apa tanda-tanda akhir jaman pada bagian ini?
  2. Apa yang diperingatkan Tuhan tentang munculnya mesias-mesias palsu?
  3. Apa yang Tuhan ingatkan tentang hari Tuhan/akhir jaman?
  4. Pelajaran apa yang saudara ambil dari bacaan tersebut?

Renungan

Pada bagian ini, Yesus ingin mengingatkan bahwa kedatangan akhir zaman akan ditandai dengan beberapa hal yang akan terjadi di dunia ini antara lain:

Pertama, adanya penderitaan dan bahkan siksaan yang akan dialami oleh orang-orang yang percaya kepada Mesias. Karena kesetiaan dari orang yang percaya, maka orang-orang yang tidak percaya semakin membenci pengikut Kristus. Berbagai cara digunakan untuk dapat menghancurkan atau menghambat pengikut Kristus, termasuk menggunakan kekerasan.

Kedua, munculnya orang-orang yang mengatas namakan dirinya sebagi mesias, bahkan mereka juga dapat melakukan tanda-tanda yang dahsyat dan membuat mujizat. Hal ini tentunya akan banyak menarik orang untuk mempercayainya, karena seakan-akan mereka melalukan demi Tuhan yang hidup. Padahal mereka melakukan semuanya itu hanya untuk kepentingan dirinya sendiri.

Yesus mengingatkan bahwa hal ini akan terjadi di dunia ini, dan murid-muridNya diharapkan untuk berjaga-jaga. Yesus mengatakan semuanya ini supaya pengikutNya tidak terkejut dan tidak ada yang akan disesatkan.

Mengikut Yesus itu berarti kita senantiasa berjaga-jaga dalam keadaan apapun juga, entah keadaan yang baik dan tenang maupun keadaan yang bergejolak. Kita dapat mengalami situasi apapun juga, namun kesetiaan kita kepada Kristus jauh bernilai dari apa yang ada di dalam dunia ini.

Kesetiaan kita kepada Kristus akan teruji dengan adanya berbagai macam hambatan atau rintangan yang kita hadapi. Ketika kita dapat menghadapi rintangan demi rintangan maka iman kita bertumbuh dan  semakin dikuatkan sehingga kita tidak mudah untuk digoyahkan.

Kita bukannya mengharapkan penderitaan itu datang menimpa kita, namun Kristus mempersiapkan kita kalau-kalau penderitaan itu datang kita sudah siap menghadapinya. Demikian juga kita tidak mengharapkan munculnya mesias-mesias palsu, namun kalaupun mesias-mesias palsu itu datang, kita sudah siap bahkan kita tidak akan disesatkan olehnya.

Sudahkah kita mempersiapkan diri untuk tetap setia dengan Kristus, walaupun banyak tantangan dan rintangan di dunia ini. Berbahagialah hamba yang ditemukan Tuannya, ia tetap setia.Amin

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*