suplemenGKI.com

UPAH MENGIKUT YESUS

Markus 10:28-31

 

Pengantar
Orang yang bekerja pasti akan mendapat upah atau gaji. Mendapat upah dari pekerjaan merupakan sukacita bagi kita terlebih upah yang didapat begitu besar jumlahnya. Dengan upah yang diperoleh, kita dapat memenuhi kebutuhan hidup. Bagaimana perasaan Saudara ketika mendapat upah mengikut YESUS? Hari ini kita akan melihat dan merenungkan percakapan YESUS dengan Petrus, tentang upah mengikut YESUS.

Pemahaman

  • Ayat 28         : Apa perkataan yang diucapkan  oleh Petrus kepada YESUS? Mengapa Petrus berkata demikian?
  • Ayat 29-31   : Upah apa yang didapatkan oleh orang yang meninggalkan segala sesuatunya hanya untuk mengikut YESUS?
  • Ayat 31         : Apa maksud perkataan YESUS di ayat ini?

Bila si orang kaya tidak bersedia melepas hartanya untuk mengikut YESUS, maka para murid telah meninggalkan segala sesuatu demi YESUS. Lalu adakah keuntungan bagi para murid yang telah melakukan semua itu? YESUS menjelaskan bahwa segala pengorbanan bagi TUHAN akan dihargai (ayat 30). Mereka yang harus kehilangan sesuatu karena mengikut Kristus akan menerima balasan berlipat kali ganda sebagai ganti dari semua kehilangan yang diderita. Tentu yang dimaksud bukan sekedar mendapatkan ganti materi atau fisik.  Tapi  tentu TUHAN tidak menutup mata terhadap semua itu. Dia melihat dan memperhatikan. Dia tidak mengabaikan orang-orang yang telah mengorbankan segala sesuatu demi mengikut Dia. Meskipun murid-murid-Nya harus miskin, menderita, terhina, dan dianiaya karena Dia, mereka akan ditinggikan oleh Allah.

Sekalipun demikian, hal terpenting dalam hidup mengikut KRSTUS bukan soal upahnya tapi keseriusan mempercayakan hidup kepada-Nya hingga berani meninggalkan segala miliknya. Orang yang mengambil keputusan untuk mengikut YESUS, harus tahan uji ketika menghadapi masa-masa sukar dan tetap setia mengikut dan melayani-Nya sampai akhir zaman.

Refleksi
Dalam keheningan, ingatlah apakah yang Saudara pikirkan ketika menghadapi situasi hidup beriman yang sulit? Pernahkah Saudara menggerutu dan ingin meninggalkan YESUS ketika menghadapi situasi yang sulit?

Tekadku
Ya TUHAN mampukanlah  aku tetap setia mengikut dan melayani-Mu. Ajarkanlah aku untuk tulus melayani kehendak-Mu bukan sekedar untuk mendapatkan berkat dan rejeki dari-Mu.

Tindakanku

  • Aku akan tetap setia dan mengikut dan melayani TUHAN sekalipun harus mengorbankan banyak hal dan menghadapi banyak kesulitan.
  • Aku akan menghidupi lagu KJ 375 yang sering kunyanyikan dengan sepenuh hati:

 Saya mau ikut YESUS,
saya mau ikut YESUS
sampai s’lama-lamanya.

Meskipun saya susah,
menderita dalam dunia,
saya mau ikut YESUS
sampai s’lama-lamanya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«