suplemenGKI.com

APAPUN YANG TERJADI, AKU TETAP BERIMAN

Markus 13 : 1 – 8

 

PENGANTAR
Bait Allah, di mata orang Yahudi adalah simbol Identitas dan Kebanggaan. Bagi mereka Bait Allah adalah pemersatu identitas Yahudi. Bagi orang Yahudi, baik yang ada di Yudea maupun yang ada di seluruh penjuru dunia paling tidak mereka akan ke Bait Allah setahun sekali untuk merayakan Paskah. Dan bagi mereka yang jauh di negeri rantau, mereka akan berdoa berkiblat  ke Bait Allah. Raja Herodespun membangun Bait Allah dengan sangat megah, sehingga setiap orang akan terkagum-kagum dibuatnya.

PEMAHAMAN

  1. Apa yang dinubuatkan  oleh Tuhan Yesus tentang Bait Allah ? ( ayat 1-2 )
  2. Bagaimana Tuhan Yesus menghubungkan kehancuran Bait Allah dengan tanda-tanda akhir zaman ? ( ayat 3-8 )

Para murid termasuk orang-orang yang kagum terhadap kemegahan Bait Allah. Dalam percakapan mereka dengan Tuhan Yesus dikatakan demikian, “Guru, lihatlah betapa kokohnya batu-batu itu dan betapa megahnya gedung-gedung itu” (ayat 1). Sebagai umat Israel mereka bangga kepada Bait Allah, bukan karena kemegahannya semata, tetapi Bait Allah merupakan simbol kehadiran Allah. dalam ranah inilah maka Tuhan Yesus menubuatkan kehancuran Bait Allah (ayat2). Agar murid-murid memahami bahwa kehadiran Allah tidak hanya dibatasi di dalam Bait Allah, tetapi Tuhan Allah selalu hadir dalam kehidupan para murid. Namun para murid tidak memahami hal tersebut. Mereka malah mengkaitkan kehancuran Bait Allah dengan akhir jaman. (ayat 3-4). Namun Tuhan Yesus tidak melihat peristiwa tersebut sebagai akhir jaman, melainkan sebagai tanda-tanda jaman akhir.

Pertama : Pada jaman akhir, akan muncul banyak penyesat yang memakai nama Yesus dan mengaku sebagai mesias ( ayat 6). Kedua : Pada jaman akhir akan terjadi perang dimana-mana ( ayat 7a dan 8a ) dan kelaparan serta gempa bumi akan menimpa umat manusia (ayat 8b). Bahkan umat manusia akan mengalami suatu kesengsaraan.

Tanda-tanda jaman tersebut, cepat atau lambat pasti akan terjadi (ayat 7b). Namun Tuhan Yesus menghibur dan menguatkan para murid untuk tidak kuatir akan hal itu. Para murid harus waspada dan mawas diri terhadap ajaran sesat yang merajalela (ayat 5). Dan jangan sampai takut terhadap penderitaan yang akan mereka alami. Karena Tuhan Yesus memberi jaminan kepada para murid juga orang percaya bahwa Roh Kudus akan menyertai mereka. Dan penyertaan Tuhan juga berlaku bagi kita yang dengan setia menjaga iman kepada Yesus Kristus. Terpujilah Tuhan.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan ! Bagaimana sikap anda terhadap tanda-tanda jaman yang sampai saat ini terus bermunculan ? Apakah anda takut ?

TEKADKU
Ya Tuhan, di akhir jaman ini banyak tanda-tanda jaman yang menerpa kami. Kami percaya bahwa Tuhan selalu menyertai. Namun tolonglah kami agar kami tetap memiliki iman yang setia.

TINDAKANKU
Apapun yang terjadi dalam hidupku, saya percaya bahwa Tuhan menyertaiku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«