suplemenGKI.com

Yohanes 1:43-51

PERJUMPAAN YANG MENGUBAH HIDUP

 

Pengantar
Natanael memang bukan seorang yang mudah percaya. Natanael tidak percaya bahwa Yesus adalah Mesias karena keluarga-Nya berasal dari Nazaret. Nazaret adalah sebuah kota yang mempunyai reputasi buruk, khususnya dalam hal moral. Mesias yang berasal dari Nazaret adalah sesuatu yang mustahil bagi Natanael. Namun perjumpaan dengan Yesus telah mengubah segalanya.

Pemahaman

Ayat 43-46           Mengapa Natanael tidak percaya bahwa Mesias berasal dari Nazaret?

Ayat 47-51           Peristiwa apa yang membuat ketidakpercayaan Natanael menjadi kepercayaan yang teguh?

Natanael adalah sahabat Filipus. Ia berasal dari Kana. Natanael memiliki keraguan ketika Filipus menyampaikan bahwa Mesias telah hadir dan berasal dari Nazaret (ayat 43-44). Keraguan itu muncul karena penilaian masyarakat terhadap kota Nazaret yang dipenuhi oleh hal-hal negatif (ayat 46). Namun seluruh ketidak percayaan dan keraguan Natanael seketika runtuh saat ia mengalami perjumpaan dengan Yesus (ayat 47-48). Yesus menyebut Natanael “seorang Israel sejati”. Sebutan ini keluar dari ucapan Yesus dan memperlihatkan bahwa Natanael tentu bukan seorang yang biasa dimata Allah.

Perjumpaan dengan Yesus telah mengubah seluruh pikiran, perasaan dan bahkan kehidupan Natanael. Natanael menjadi pengikut Yesus yang setia. Perjumpaan dengan Yesus telah membawa Natanael kedalam pengalaman iman yang luar biasa.

Perjumpaan Natanael dengan Yesus tentu mengingatkan pada perjumpaan yang sama dialami oleh Paulus. Perjumpaan Paulus dengan Yesus membawa Paulus kedalam pertobatan dan mengubah seluruh kehidupan Paulus yang semula tidak percaya kepada Kristus menjadi percaya. Bahkan sepak terjang Paulus memperlihatkan keteguhan hati Paulus mengabdikan hidup bagi Kristus.

Refleksi
Sudahkah kita mengalami perjumpaan dengan Kristus melalui pengalaman-pengalaman hidup kita? Sudahkah perjumpaan itu membawa perubahan dalam kehidupan kita? Apabila kita telah mengalami perjumpaan dan merasakan kehadiran Kristus dalam hidup kita, maka sudah seharusnya kita mengalami perubahan dalam hidup.

Tekadku
Tolonglah aku ya Allah agar dengan sungguh-sungguh menghayati iman percaya kepada-Mu. Agar aku mengalami perjumpaan dengan-Mu setiap waktu, sehingga aku merasakan kasih-Mu.

Tindakanku
Tekun dalam saat teduh.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«