suplemenGKI.com

INJIL UNTUK SEMUA BANGSA

Kis 11:1-18

 

 

Pengantar
Para Rasul awalnya hanya melayani sesama orang-orang Yahudi saja, bahkan sebagian berpikir bahwa Injil itu hanya untuk orang Yahudi saja. Apalagi mereka berpendapat bahwa Mesias hadir melalui orang Yahudi sebagai bangsa pilihan Tuhan, maka yang berhak menerima keselamatan adalah orang-orang Yahudi saja.

Pemahaman
-Ay 1-3, apa yang sedang dipertentangkan oleh orang-orang Yahudi terhadap diri Petrus?
-Ay 4-15  , Bagaimana cara Petrus menjelaskan persoalan yang sedang dihadapinya?
-Ay 16-18, apa yang terjadi ketika Petrus menjelaskan semuanya itu?

Orang-orang Yahudi yang menganggap bahwa keselamatan hanya untuk bangsanya saja, menganggap bahwa tidak baik kalau mereka masuk kerumah orang-orang yang bukan Yahudi bahwa duduk dan makan bersama-sama dengannya. Bagi orang Yahudi adalah haram kalau berkumpul dengan orang-orang non Yahudi karena orang-orang non Yahudi dianggap kafir atau orang yang tak berTuhan.

Maka orang-orang Yahudi mempertentangkan rasul Petrus yang masuk dan duduk serta makan bersama dengan Kornelius seorang non Yahudi. Bagi mereka, rasul Petrus tidak dapat menjadi contoh bagi orang-orang Yahudi lainnya.

Mulailah Petrus menjelaskan kepada orang-orang  Yahudi lainnya dan juga kepada rasul yang lainnya. Petrus menceritakan pengalaman rohaninya kepada mereka semua. Petrus mendapat penglihatan itu sampai 3 kali, dan Petrus disuruh pergi dengan tidak bimbang ke rumah Kornelius. Petrus juga menyaksikan bahwa Roh Kudus turun atas Kornelius dan seisi rumahnya, hal inilah yang menguatkan

Petrus bahwa Tuhan juga melawat mereka yang bukan Yahudi.

Setelah mendengarkan kesaksian dari pengalaman rohani rasul Petrus maka semua orang menjadi tenang dan bahkan mereka memuliakan Tuhan, dan  mereka menyatakan bahwa Tuhan mengaruniakan pertobatan kepada bangsa-bangsa lain untuk memimpin pada hidup yang kekal.

Refleksi
Renungkanlah, seberapa besarkah perasaan anda bahwa keselamatan di dalam Yesus hanya untuk orang-orang yang seperti anda? Dengan kata lain orang lain (yang tidak seperti saya)tidak memerlukan keselamatan itu.

 

Tekadku
Tuhan ampunilah saya yang tidak mau berbagi keselamatan dengan orang lain, karena pandangan saya yang keliru atau kemalasan yang ada dalam diri saya.

Tindakan
Hari ini saya akan menceritak Injil pada orang yang saya jumpai dalam pekerjaan saya atau lingkungan saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*