suplemenGKI.com

Mazmur 111:1-10

MERENUNGKAN KARYA TUHAN

PENGANTAR
Tema yang diangkat dalam mazmur ini sebetulnya termasuk tema-tema yang umum, yaitu pembebasan umat Israel dari tanah Mesir dan penyertaan Tuhan ketika mereka masuk ke tanah perjanjian.  Dalam pengalaman nenek moyang mereka di masa lalu itu pemazmur menemukan kebesaran kuasa Tuhan dan membagikannya kepada seluruh umat melalui mazmur ini.

PEMAHAMAN

  • Ay. 1-2. Bagaimana cara pemazmur mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan?  (ay.1)  Apa yang membuat seseorang dapat bersyukur sedemikian rupa? (ay.2)
  • Ay. 5, 6, dan 9. Hal apa saja yang dilakukan Tuhan bagi umat-Nya?  Hal apa saja yang Tuhan berikan di dalam hidup Anda?  Bagaimana cara Anda bersyukur atas semua itu?
  • Ay.3, 4, 7, dan 8. Sifat-sifat apa saja yang terungkap dari perbuatan-perbuatan Tuhan kepada umat-Nya?  Menurut Anda, mengapa kita perlu mengenal sifat-sifat Tuhan?
  • Ay. 10.  Merenungkan perbuatan-perbuatan besar dari Tuhan ternyata memberikan pengaruh bagi cara pemazmur menjalani kehidupannya sehari-hari.  Pengaruh seperti apa yang disebutkan di sini?

Mazmur ini diawali dengan ungkapan kesungguhan hati pemazmur untuk bersyukur kepada Tuhan.  Pemazmur juga ingin mengajak orang-orang di sekitarnya ikut bersyukur bersamanya.  Dengan demikian kita bisa melihat betapa besarnya rasa syukur yang ada di dalam hati pemazmur.  Dari manakah rasa syukur ini?  Pemazmur menyelidiki perbuatan-perbuatan Tuhan dalam kehidupan umat-Nya.  Jika kita suka menyelidiki (atau, merenungkan) perbuatan-perbuatan Tuhan dalam kehidupan kita, maka rasa syukur pun akan melimpah dari dalam hati kita.  Rasa syukur itu mengalir spontan sebagai respon atas kebesaran kuasa Tuhan yang bekerja di antara umat-Nya.

Pemazmur menyebutkan beberapa hal yang Tuhan lakukan bagi umat-Nya.  Kepada umat-Nya Tuhan memberikan rezeki (untuk kehidupan setiap hari), tanah pusaka sebagai tempat tinggal dan wujud keberadaan mereka sebagai sebuah bangsa yang berdaulat, dan kebebasan dari musuh yang menjajah mereka.  Apa tujuan Tuhan melakukan semua itu kepada mereka?  Semua dilakukan-Nya agar mereka semakin mengenal Dia.  Melalui perbuatan-perbuatan-Nya itu umat Tuhan dapat mengenal Dia sebagai Allah yang adil dan benar, sekaligus juga pengasih dan penyayang.

Jika kita merenungkan karya Tuhan dengan cara yang benar, maka dampaknya akan terlihat dalam kehidupan kita.  Orang-orang yang mengerti kebesaran kuasa-Nya akan menghormati Dia dan dengan demikian memperoleh hikmat untuk menjalani kehidupannya.  Orang-orang yang mengerti kebesaran kuasa-Nya akan mengisi hidupnya dengan puji-pujian kepada-Nya.  Apakah dua hal tersebut terdapat dalam kehidupan Anda setiap hari?

REFLEKSI
Ada dua tanda yang menyertai setiap orang yang memahami pekerjaan Tuhan di dalam hidupnya, yaitu hati yang penuh hikmat dan mulut yang penuh puji-pujian.

TEKADKU
Tuhan, tolonglah aku agar dapat menyediakan waktu untuk merenungkan karya-Mu, baik yang terjadi di dalam hidupku maupun di dalam keluargaku.

TINDAKANKU
Dalam seminggu ke depan, aku akan mengungkapkan rasa syukurku (melalui kesaksian, persembahan, atau puji-pujian) atas apa yang pernah Tuhan lakukan di dalam hidupku (atau dalam keluargaku).

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«