suplemenGKI.com

Bacaan : Lukas 21 : 12 – 19.

Tema : Setia dalam menghadapi masa sulit.

PENGANTAR.

Menjalani hidup di akhir jaman tidaklah mudah, terkadang penderitaan, penindasan, aniaya, kesulitan bahkan bencana alampun datang silih berganti. Jika penderitaan, penindasan dan bencana datang silih berganti dalam kehidupan orang Kristen. Bagaimana orang Kristen menghadapi dan menyikapi hal itu ?Akankah orang Kristen lari dari setiap kesulitan yang datang atau tetap kuat dan tegar siap menghadapi ? renungan hari ini adalah jawabannya.

PEMAHAMAN.

  1. Apakah yang akan dialami oleh para murid dan orang percaya ? ( ayat 12 – 17 )
  2. Apakah tugas para murid dan orang percaya ditengah-tengah kesulitan yang dialaminya ? ( ayat 12 – 17 )
  3. Apakah janji Tuhan kepada para murid dan orang percaya yang sedang mengalami kesulitan ? ( ayat 18 – 19 ).

Sebelum hari Tuhan datang, para murid akan mengalami penderitaan, mereka akan ditangkap dan dianiaya, diserahkan ke rumah-rumah ibadat, penjara, dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa. ( ayat 12). Sedangkan yang menyerahkan adalah orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu, sahabat-sahabatmu. ( ayat 17 ). Bahkan resiko yang terberat adalah para murid akan dibunuh. ( ayat 17 )

Ditengah-tengah penderitaan dan kesulitan yang menimpa para murid dan orang percaya, Tuhan Yesus masih memberi tugas, yaitu menjadi saksi. Sebuah tugas yang tidak mudah, dimana para murid dan orang percaya ditengah-tengah kesulitan harus menjalankan tugas yang sulit. Jika penderitaan, penindasan dan bencana datang silih berganti dalam kehidupan kita yang terpenting adalah hidup bergantung dan mengandalkan Allah. Allah adalah pribadi yang dapat diandalkan untuk melewati pengalaman sulit yang menimpa kita. Dengan mengandalkan Allah kita percaya bahwa Allah akan menjaga dan memelihara kita sebaik mungkin. Tuhan Yesus mengatakan “Tetapi tidak sehelai pun dari rambut kepalamu akan hilang” ( ayat 18 ). Ayat ini merupakan jaminan penjagaan dan pemeliharaan Tuhan terhadap umat-Nya. Penjagaan dan pemeliharaan Tuhan itu sempurna. Namun bukan berarti orang percaya terhindar dari penderitaan dan kesulitan. Penderitaan dan kesulitan bisa saja menimpa orang Kristen namun orang Kristen akan diberi kesanggupan menghadapinya. Untuk itu marilah kita bertekun didalam iman kepada Tuhan Yesus Kristus. Itulah yang menjadikan kita kuat.

REFLEKSI.

Marilah kita merenungkan ! Jika penderitaan dan kesulitan menimpa saudara, bagaimana sikap saudara ? Tetap beriman kepada Tuhan atau lari dari Tuhan ?

TEKADKU.

Ya Tuhan, berilah kekuatan dan jagalah saya ketika penderitaan dan kesulitan menimpa saya.

TINDAKANKU.

Saya harus menjalani hidup dengan setia beriman kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*