suplemenGKI.com
Talenta

Talenta

Matius 25:14-30

Bertanggung-jawab Kepada PemilikNya

                Perikop ini berbicara soal tuan yang akan pergi ke luar negri dan mempercayakan hartanya kepada hamba-hambanya. Harta yang dipercayakan kepada hamba-hambanya jumlah /besarnya tidak sama, ada yang mendapat 5, 2 dan 1 talenta.

  1. Apa yang menjadi dasar dari tuannya untuk mempercayakan hartanya kepada hamba-hambanya satu dengan yang lain berbeda?
  2. Apa yang telah diperbuat oleh hamba-hambanya?
  3. Bagaimana tanggapan Tuannya terhadap pertanggung jawaban hamba-hambanya?
  4. Apa yang dapat kita pelajari dari perumpamaan ini?

Renungan:
                Perumpamaan ini menceritakan tuan yang mempunyai beberapa hamba dan mempercayakan hartanya kepada mereka, karena Tuannya akan pergi ke luar negeri. Harta yang dipercayakan kepada Hamba-hambanya satu dengan yang lain berbeda-beda sesuai dengan kemampuan atau kesanggupan hamba-hambanya. Tuannya mengetahui bahwa hamba-hambanya ada yang sanggup  5, 2, 1 talenta.  Sangat besar nilainya.
                Segeralah hamba yang pertama yang mendapat 5 talenta, pergi dan menjalankan uangnya tersebut serta mendapat untung 5 talenta juga. Demikian juga hamba kedua yang mendapat 2 talenta, menjalankan uangnya serta mendapat untung 2 talenta juga. Sedangkan hamba  ketiga yang mendapat 1 talenta, pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan harta tuannya.
                Tibalah waktunya tuannya datang dan meminta pertanggung-jawaban hamba-hambanya dari harta yang telah dipercayakan kepada mereka. Hamba yang pertama datang dan memberikan laba 5 talenta, demikian juga hamba yang kedua datang dan memberikan laba 2 talenta. Tuannya memberikan respon yang positif dan mengajak mereka bersuka cita bersama-sama dengannya. Sedangkan hamba yang ketiga datang dan marah kepada tuannya, serta menyebut tuannya sebagai manusia yang kejam, setelah itu ia mengembalikan harta 1 talenta tersebut kepada tuannya. Melihat hasil yang dikerjakan oleh hamba yang ketiga, tuannya menjadi marah dan mencampakkan ke dalam ruang yang gelap.
                Perumpaan ini ingin mengajarkan beberapa hal, Pertama,  bahwa segala sesuatu yang telah Tuhan berikan kepada kita harus kita pertanggung-jawabkan kepadaNya.Kedua, segala sesuatu yang telah Tuhan berikan harus dikembangkan sehingga mendapatkan buahnya atau berkembang terus. Ketiga, mensyukuri atas segala sesuatu yang telah Tuhan berikan. Sesungguhnya hamba yang ketiga itu mendapat harta yang sangat banyak, namun dia merasa sedikit dan takut untuk mengembangkannya. Dia tidak dapat bersyukur untuk apa yang telah tuannya berikan. Dengan bersyukur kepada Tuhan maka kita merasa puas dengan apa yang kita miliki sekarang ini, sehingga kita dihindarkan dari menyalahkan Tuhan dengan apa yang telah kita dapatkan. Mensyukuri mengajarkan kita untuk tidak hidup dalam keserakahan atau ketamakan. Keempat, menjadi berkat bagi sesama, ketika telenta itu dikembangkan maka orang lain pasti akan mendapatkan berkat darinya. Demikianjuga dengan setiap hal yang kita punyai dan dikembangkan pasti akan berguna bagi sesama dan menghindarkan kita dari hidup yang penuh keegoisan. Mari kita bertanggung-jawab dengan apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*