suplemenGKI.com

MENUJU JALAN SALIB

 

Matius 21:1-11

 

Pengantar
Alangkah bahagianya kalau kedatangan kita dinantikan oleh orang banyak, kehadiran kita menjadikan orang lain senang bahkan bahagia. Bukankah banyak orang ingin mendapatkan hal tersebut, bahkan berusaha dengan jerih lelah untuk menjadi orang yang terkenal. Bagaimana dengan Tuhan Yesus pada waktu Ia melayani di bumi ini? 

Pemahaman

Ay 1-2,                  Apa yang dipersiapkan oleh Tuhan Yesus ketika akan
                                 memasuki Yerusalem?

Ay 3-7,                  Bagaimanakah Tuhan Yesus waktu masuk ke Yerusalem?

Ay 8-11,                Apa yang dilakukan oleh orang banyak untuk menyambut
                                 Tuhan Yesus?

Waktu Tuhan akan memasuki kota Yerusalem, Tuhan Yesus menyuruh dua orang muridNya untuk mengambil keledai di satu kampung. Muridnya mendapatkannya dan memberikan kepada Tuhan Yesus untuk ditunggangiNya.

Tuhan Yesus yang waktu itu semakin hari semakin terkenal, serta kedatanganNya diharapkan oleh orang banyak, masuk ke Yerusalem dengan mengendarai seekor keledai. Hal ini sangat berbeda dengan raja-raja atau penguasa-penguasa jaman lalu, ketika mereka akan memasuki suatu daerah atau kota biasanya mereka mengendarai seekor kuda yang gagah perkasa bukan keledai.

Sambutan orang banyak yang menghendaki Tuhan Yesus menjadi raja Israel,menyebabkan mereka merelakan pakaiannya dihamparkan di jalan yang akan dilalui oleh Tuhan Yesus. Mereka bersorak-sorai menyambut Tuhan Yesus sambil membawa ranting-ranting serta berseru : Hosana bagi Anak Daud”diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana ditempat yang mahatinggi”

Mereka menyambut Tuhan Yesus dan mengharapkanNya menjadi pemimpin masa depan bangsa Israel, sehingga seluruh kota gempar menyambut Tuhan Yesus yang datang di Yerusalem. Mereka juga menyebut bahwa yang datang itu adalah nabi dari Nazaret.

Mereka tidak menyadari bahwa Tuhan Yesus datang bukan untuk menjadi pemimpin atau raja mereka secara jasmani namun Tuhan Yesus datang dalam rangka menuju jalan salib, jalan yang tidak biasa dilalui oleh manusia. Tuhan Yesus datang kedunia ini untuk memulihkan hubungan antara manusia dengan Allah Bapa, serta Kristus menjadi tebus bagi banyak orang.

Refleksi
Renungkan 5 menit. Seberapa besarkah antusias kita menyambut Tuhan Yesus yang akan datang? Seberapa besarkah kita menyambut kehadiranNya di rumah Tuhan (gereja)? Berapa banyakkah pengorbanan yang telah kita lakukan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan?

Tekad
Ya Tuhan, sering kali kami menyia-nyiakan waktu bersama-sama dengan Tuhan di dalam dunia ini? Kami terlalu sibuk dengan berbagai macam urusan pribadi kami, sehingga sedikit sekali waktu untuk Tuhan bahkan tidak ada waktu bersama dengan Tuhan. Ampunilah dan perbaharuilah kami, ya Tuhan. Amin

Tindakanku
Hari ini akan memperbanyak waktu berkomunikasi dengan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«