suplemenGKI.com

Lahir baru: Percaya Penuh

Yohanes 3:13-17

 

Pengantar
Kemarin kita telah belajar akan betapa pentingnya melewati perjalanan iman dengan kesediaan dan keterbukaan untuk mengenali YESUS. Orang akan sulit percaya dan mempercayakan diri kepada-Nya  bila ia merasa sudah tahu. Terhadap Nikodemus yang gagal paham, YESUS dengan sabar terus mengajar agar Nikodemus menjadi paham. YESUS  mengajar Nikodemus bahwa  segala jabatan, amal dan ketaatan tidak menjamin orang untuk masuk Kerajaan ALLAH. Kita tak dapat bersandar pada apa yang kita miliki. Kita membutuhkan Juruselamat. Itulah inti pengajaran yang menuntun Nikodemus untuk mempercayakan hidupnya  pada TUHAN YESUS.

Pemahaman

  • Ayat 13-14   : Mengapa YESUS menyebut peristiwa PL untuk mengajar Nikodemus?
  • Ayat 15- 17 : Apakah pengajaran yang membongkar pemahaman dasar orang Yahudi tentang keselamatan dan hidup kekal? Apakah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan bagian dalam hidup kekal?

Pengajaran tentang kelahiran kembali mengingatkan Nikodemus bahwa dalam perjalanan iman manusia tidak dilahirkan secara jasmani tetapi harus diciptakan ulang sebagai ciptaan rohani. YESUS memahami mengapa Nikodemus gagal paham terhadap ajaran ini  sebab ini mengandung rahasia Ilahi. Oleh karena itu kepada Nikodemus dijelaskan bahwa kemungkinan dilahirkan kembali hanya terjadi karena kasih karunia ALLAH semata. Tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga selain Dia yang telah turun dari sorga. KRISTUS-lah kebenaran sejati. Oleh karenanya Dialah yang harus ditinggikan sama halnya seperti Musa meninggikan ular di padang gurun. Hal ini merupakan simbol bagaimana Anak Manusia akan dinaikkan dan ditinggikan di kayu salib. Sebagaimana  memandang ular tembaga dalam sejarah Israel merupakan sarana  kuasa ALLAH untuk penyelamatan dari kuasa kematian maka YESUS dalam penderitaan dan kematian-Nya di atas salib membawa keselamatan dari ALLAH.

Hal ini juga hendak  mengungkapkan bahwa  perjuangan kasih ALLAH sangat luas menjangkau semua orang di dunia. BAPA mengaruniakan Anak-Nya sebagai korban penghapus dosa. Kasih itu mengalir dari hati ALLAH. Kasih ALLAH dapat dirasakan oleh setiap orang yang percaya kepada-Nya yaitu mereka yang memiliki keyakinan teguh bahwa YESUS adalah Juruselamat dan mau mempercayakan hidup kepada-Nya. Inilah orang yang lahir baru dengan percaya penuh pada TUHAN dan kasih-Nya yang menyelamatkan.

Perjuangan ALLAH dalam kasih-Nya  masih terus mengalir bagi manusia hingga kini. ALLAH terus mendampingi  manusia dalam perjalanan hidupnya . ALLAH menjaga manusia  agar tidak terjebak pada godaan duniawi yang menghantarnya pada pengertian dan kebahagiaan  yang semu. Namun demikian, dalam kasih-Nya, ALLAH tetap memberikan ruang kosong bagi manusia  untuk mengambil keputusan apakah ia mau menyambut kasih ALLAH dan mempercayakan hidup kepada-Nya.

Refleksi:
Dalam keheningan pandanglah salib. Apakah Anda telah sungguh-sungguh mempercayakan hidup pada TUHAN YESUS yang telah mengorbankan diri dalam kematian di atas salib? Ataukah Anda masih cenderung lebih percaya pada pikiran dan kemampuan sendiri?

Tekadku
Ya TUHAN, mampukanlah aku untuk selalu mensyukuri kasih-Mu  dengan selalu mempercayakan diri secara penuh kepada-Mu dan tidak mengandalkan kemampuan diri sendiri.

Tindakanku
Aku akan mewarnai perjalanan iman di masa Pra Paskah dengan komitmen hidup berserah penuh kepada TUHAN apa pun yang terjadi.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«