suplemenGKI.com

Minggu 12 Juli 2020

11/07/2020

Minggu 12 Juli 2020

MENURUTI ROH DI HATI

Roma 8 : 1 – 11   

                                     

Pengantar
Salah satu penyebab dari bertambahnya jumlah penderita atau orang-orang yang terinfeksi virus corona adalah karena ketidakpatuhan diri sendiri atau orang lain terhadap protokol kesehatan guna mengendalikan penularan virus ini. Hal ketidakpatuhan menjadi salah satu kecenderungan manusia dalam menyikapi atau merespons aturan dan ketentuan yang dirasa tidak menguntungkan atau membatasi kebebasan keinginannya. Melalui pembacaan firman TUHAN hari ini, yaitu: Roma 8 : 1 – 11, kita akan belajar untuk melihat tentang adanya dua macam pilihan hidup, yaitu dipimpin (menuruti) daging atau dipimpin (menuruti) Roh, sehingga kita bisa menjalani hidup yang berdampak positif di dalam kuasa TUHAN, terlebih dalam situasi sulit sekarang ini.

Pemahaman
Ayat  1 – 4           :  Apa tujuan dari hidup yang dimerdekakan ALLAH?
Ayat  5 – 8           :  Apa perbedaan antara hidup dalam daging dan hidup dalam roh?
Ayat  9 – 11         :  Bagaimana peranan (pentingnya) Kristus dalam hidup kita?

Hidup yang dimerdekakan ALLAH adalah hidup yang tidak ada penghukuman, yaitu bagi mereka yang ada di dalam Kristus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan setiap orang percaya di dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut. ALLAH telah mengutus Anak-NYA sendiri untuk menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging, karena hukum Taurat tak berdaya oleh daging. Dengan demikian kita tidak lagi hidup menuruti daging tapi hidup menuruti roh.

Setiap orang yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging tapi setiap orang yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. Keinginan daging adalah perseteruan terhadap ALLAH, karena ia tidak takluk kepada hukum ALLAH. Jadi setiap orang yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada ALLAH.

Jika Roh ALLAH diam di dalam kita maka kita akan hidup dalam Roh. Dan Roh Kristus yang ada di dalam kita membuat kita menjadi milik Kristus, sehingga sekalipun tubuh kita memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. Karena Roh ALLAH yang telah membangkitkan Kristus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuh kita yang fana itu oleh Roh-NYA, yang diam di dalam kita.

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan:

  • Apakah kita bersedia hidup menuruti Roh?
  • Apakah kita menghayati dan merasakan dampak dari hidup yang dipimpin Roh Kristus?

Bahwa kita tetap memiliki semangat dan daya hidup yang berasal dari TUHAN.

Tekad
Ya ALLAH, jadikan aku sebagai orang percaya yang sungguh bersedia dipimpin oleh Roh Kristus. 

Tindakanku
Mulai hari ini, aku akan bersemangat dan berdaya aktif untuk berbuat sesuatu bagi sesama di sekitarku, terlebih dalam situasi wabah Covid-19.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«