suplemenGKI.com

TIME TO RELOAD

Lukas 3:7-18

 

Pengantar
Rufus Daniel adalah seorang pelayan Tuhan yang lahir di Ohio pada tahun 1850. Ia memiliki 3 orang anak: anak pertama mengikuti jejaknya dengan menjadi seorang pelayan Tuhan, anak kedua menikah dengan seorang pria yang baik dan tinggal tak jauh darinya, sedangkan anak ketiga menimbulkan kepedihan dalam hatinya dan meninggal di usia yang masih muda pada tahun 1913. Setelah menguburkan anaknya, Rufus menyadari sesuatu, bahwa sukacita hidup itu tidak datang dari sesuatu yang diberikan oleh manusia dan dunia. Sukacita hidup itu datang dari hubungan yang tiada akhir dengan Tuhan Yesus. Since Jesus Come Into My Heart (Perubahan Besar, PKJ 239) adalah syair curahan hatinya. Bila Yesus ada di dalam hati kita, tangan-Nya akan menuntun kita kembali pada jalan yang benar (pertobatan) dan kehidupan yang sejahtera. Sejalan dengan hal itu, kita akan merenungkan tentang pertobatan sejati yang seharusnya ada dalam diri orang beriman.

Pemahaman

  • Ayat 7-9         :   Ditujukan kepada siapakah peringatan dan nasihat umum yang diucapkan oleh Yohanes Pembaptis?
  • Ayat 10-14    :   Apa sajakah contoh perubahan hidup yang ditekankan oleh Yohanes Pembaptis ?
  • Ayat 15-17    :   Mengapa orang banyak mengira bahwa Yohanes Pembaptis adalah Mesias?

Bacaan kita hari ini menceritakan tentang peringatan dan nasehat yang diucapkan oleh Yohanes Pembaptis pada orang-orang yang mengikuti baptisannya. Di bagian Injil yang lain, yakni Matius 3:7-10 disebutkan bahwa orang Farisi dan Saduki juga turut mendengar pengajarannya. Artinya, Yohanes Pembaptis tidak mengagungkan orang Farisi dan Saduki, tetapi juga menganggap mereka sama seperti pendengar yang lainnya. Yohanes berkata kepada para pendengarnya, “Hai kamu keturunan ular beludak!”, merupakan kiasan yang diberikan bagi setiap orang yang licik, berbahaya, melakukan perlawanan terhadap Allah dan membenci sesamanya (ayat 7). Orang-orang demikian diperingatkan untuk lekas hidup dalam pertobatan (ayat 8). Jika ia tidak menghasilkan buah untuk kemuliaan Allah, maka ia akan mengalami penghukuman (ayat 9).

Selanjutnya, Yohanes Pembaptis menekankan contoh perubahan hidup yang seharusnya dimiliki oleh umat. Pertama, tindakan kebaikan melalui kepedulian terhadap sesama (ayat 10-11). Kedua, hidup dalam kejujuran (ayat 12-13). Ketiga, tidak menindas atau merampas hak milik orang lain. Yohanes memberikan contoh tersebut agar para pendengarnya turut mengusahakan dan menghasilkan perbuatan baik sebagai tanggung jawab imannya kepada Tuhan dalam keadaan apapun. Melihat akan pengajaran yang disampaikan oleh Yohanes, orang banyak mengira bahwa ia adalah Mesias. Mereka mengamati betapa istimewanya pengajaran yang disampaikan oleh Yohanes, sementara pengharapan akan kedatangan Mesias semakin tinggi. Oleh sebab itu, Yohanes segera mematahkan anggapan bahwa ia adalah Mesias, dengan menyampaikan bahwa yang datang kemudian akan jauh lebih besar, sampai-sampai untuk menyentuh tali kasut-Nya pun tak layak (ayat 16). Yohanes juga memberikan kiasan tentang pekerjaan Mesias, yakni akan menjadi hakim bagi setiap orang (ayat 17).

Refleksi
Harus diakui bahwa untuk menghasilkan buah pertobatan, dibutuhkan tekad yang kuat agar setiap umat mampu mewujudkannya. Buah pertobatan itu dilakukan dengan sukacita, karena kita juga sedang bersiap untuk menyambut kedatangan Tuhan kembali.

Tekadku
Tuhan, ajarku untuk menghidupi pertobatan dengan penuh ketaatan. Bimbinglah, agar aku mampu menghasilkan perilaku yang berkenan di hadapan Engkau dan sesama.

Tindakanku
Di masa Advent ketiga ini, aku akan belajar berkomitmen menghasilkan buah pertobatan dalam hal:… (saudara dapat menyebutkan satu atau dua hal pertobatan yang ingin diwujudkan. Misalnya: membuang keegoisan dan belajar lebih peduli dengan anggota keluarga).

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«