suplemenGKI.com

Minggu, 11 Juli 2021

10/07/2021

KU DIPILIHNYA

Efesus 1:3-14

 

Pengantar
Seorang bocah berusia 7 tahun menceritakan kegembiraannya ketika ia dipilih oleh  Ibu Guru untuk bergabung dalam kelompok Paduan Suara sekolah. Pengalaman “dipilih” menjadi berkat yang mengesankan. Apakah Saudara juga pernah menerima berkat menjadi orang yang dipilih? Bacaan Alkitab hari ini mengingatkan kita akan kebahagiaan orang-orang yang dipilih menjadi anak-anak ALLAH. Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman

  • Ayat 3-8 : Apakah berkat rohani yang dikaruniakan ALLAH kepada orang-orang percaya?
  • Ayat 4     : Untuk apa  ALLAH memilih kita sebagai anak-anak-Nya
  • Ayat 9-14: Apakah rahasia kehendak ALLAH bagi kita?

Dipilih  sebagai anak-anak ALLAH adalah berkat rohani yang tak ternilai harganya. Rasul Paulus menjelaskan betapa berharganya pemilihan ALLAH atas diri kita. Melalui pengorbanan Yesus Kristus, ALLAH menebus kita dengan  darah-Nya dan menganugerahkan pengampunan dosa sehingga kita diselamatkan dan menjadi milik kepunyaan ALLAH. Pemilihan ini telah menjadikan kita kudus sebagai anak-anak ALLAH yang dimeteraikan oleh Roh Kudus. Kita dipilih bukan karena kita layak tapi sepenuhnya berdasarkan keputusan ALLAH yang berdaulat atas kehidupan kita. Ini adalah berkat  besar yang perlu disyukuri. Betapa bahagianya kita yang mendapat berkat rohani yang tak ternilai ini. Oleh karenanya, Rasul Paulus mengajak orang-orang percaya untuk memuji ALLAH di dalam Yesus Kristus yang telah mengaruniakan berkat rohani yang indah ini.

Dengan apakah rasa syukur dan kebahagiaan atas pemilihan ini bisa kita ungkapkan? Sepatutnyalah kita hidup secara bertanggung jawab sebagai orang pilihan ALLAH, yaitu dengan hidup kudus dan menjadi puji-pujian bagi kemuliaan Allah. Hidup kudus berarti kita harus berbeda dari orang-orang yang yang tidak percaya. Kita dipanggil untuk meninggalkan hidup yang cemar menuju hidup yang benar.  Menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya  berarti hidup ini harus bermakna, yaitu menjadi berkat dan memuliakan nama TUHAN. Hal yang sia-sia, yang tidak sesuai kehendak-Nya, yang menyakiti hati ALLAH, dan menjadi batu sandungan bagi sesama haruslah dihentikan. Dalam kasih karunia-Nya, Ia menguatkan dan memampukan kita hidup sebagai orang pilihan-Nya di tengah dunia yang dirusak dan dirasuk dosa.

Sesungguhnya hidup sesuai kehendak ALLAH bukanlah beban melainkan ungkapan syukur, iman, dan ketaatan  yang merupakan ekspresi kebahagiaan orang-orang pilihan ALLAH yang telah menerima berkat rohani yang tak ternilai harganya.

Refleksi
Dalam keheningan, renungkanlah, apakah selama ini Saudara merasakan bahagia dan gembira karena dipilih menjadi anak ALLAH yang dikuduskan dan diselamatkan? Ataukah Saudara menjalani kehidupan tanpa merasa mendapatkan berkat rohani istimewa? Apakah Saudara telah mengekspresikan kebahagiaan dan kegembiraan itu dengan hidup kudus dan memuliakan nama-Nya?

Tekadku
Ya TUHAN mampukanlah aku untuk terus berbahagia dalam rasa syukur sebagai anak pilihan-Mu. Pakailah hidupku sebagai puji-pujian bagi kemuliaan-Mu. 

Tindakanku:
Sebagai anak pilihan ALLAH, aku akan terus mengingat dan mensyukuri berkat rohani yang dianugerahkan kepada-ku. Aku akan mengungkapkan rasa syukur ini dengan terus memuji dan memuliakan nama TUHAN melalui perkataan dan perbuatan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«