suplemenGKI.com

Lukas 17 : 11 – 19

JANGAN LUPA BERTERIMA KASIH.

Waktu itu Tuhan Yesus berada diperbatasan antara Galilea dan Samaria. Mungkin tempat itu merupakan tempat pengasingan bagi orang-orang sakit kusta sehingga mereka berkumpul di tempat itu. orang-orang kusta itu sangat mungkin sudah mengenal Yesus, karena mereka berteriak-teriak menyebut nama Yesus. Atau mungkin mereka hanya mendengar akan nama Yesus yang saat itu nama Yesus sudah sangat popular.

Pertanyaan pendalaman.

  1. Bagaimana sikap Tuhan Yesus terhadap penderitaan mereka / orang-orang kusta tersebut ? (ayat 12 – 14).
  2. Setelah mereka disembuhkan Tuhan Yesus, bagaimana  perasaan mereka ? (ayat 14-15)
  3. Mengapa hanya satu orang yang kembali untuk berterima kasih kepada Tuhan Yesus ? (ayat 15-19).

Renungan.

Bagi orang Yahudi penyakit kusta adalah penyakit karena dosa, sehingga ia dikutuk oleh Tuhan. Mereka harus diasingkan dari tengah-tengah masyarakat. Hal itulah yang menyebabkan mereka semakin menderita baik secara fisik maupun secara batin. Itulah yang dialami kesepuluh orang kusta yang diasingkan diperbatasan Galilea dan Samaria tersebut, nasib mereka sangat menderita dan tak ada orang yang peduli kepada mereka. Bukan suatu kebetulan jika saat itu Tuhan Yesus lewat disitu, pasti itu termasuk rencanaNya.

Begitu melihat Yesus bersama rombongan kesepuluh orang kusta tersebut berteriak-teriak minta pertolongan Tuhan Yesus untuk disembuhkan. Tuhan Yesus hanya berkata, “Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam-imam”. Perkataan Tuhan Yesus ini memang mengandung arti Penyembuhan, pergi dari tempat pengasingan berarti sudah sembuh, dan untuk membuktikannya mereka harus diperiksa oleh imam-imam. Dan betul sekali di tengah jalan kesepuluh orang tersebut sembuh semuanya, secara total. Dan itu berkat perkataan Tuhan Yesus yang berkuasa, sehingga mereka semua sembuh. Yang menjadi pertanyaan kemana mereka setelah disembuhkan Tuhan Yesus ? apakah mereka kembali kepada Tuhan Yesus untuk berterima kasih karena sudah disembuhkan ? dari sepuluh orang yang disembuhkan yang kembali kepada Tuhan Yesus hanya satu orang, itupun orang Samaria.

Mengapa hanya satu yang kembali untuk berterima kasih ? pasti banyak kemungkinan yang terjadi.

Kemungkinan pertama : Ada yang terlalu bersukacita sehingga mereka lupa berterima kasih.

Kemungkinan kedua : Ada yang hanya menunjukkan kepada imam-imam saja, sudah cukup.

Kemungkinan ketiga : Yang penting sudah sembuh, berterima kasih itu tidak penting.

Kemungkinan keempat : Tidak tahu caranya berterima kasih.

Kemungkinan kelima : sudah menjadi karakternya tidak mau berterima kasih.

Sungguh sangat disayangkan bahwa yang kembali kepada Tuhan adalah orang Samaria yang sebenarnya telah dianggap sebagai orang yang tidak percaya kepada Tuhan sedangkan Sembilan orang yang katanya mengenal Tuhan malah yang berterima kasih. Olehsebab itu jadilah orang Kristen yang beriman kepada Tuhan Yesus yang juga tahu berterima kasih kepada Tuhan Yesus. Amin.

“ Tuhan Yesus sudah memberikan banyak hal kepada kita, janganlah kita lupa berterimakasih kepadaNya”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«