suplemenGKI.com

TETAPLAH BERIMAN DAN SETIA

Lukas 20:36-40

 

PENGANTAR
Imam Saduki tidak meyakini adanya peristiwa kebangkitan, bahkan bagi mereka tidak ada kebangkitan orang mati atau hidup setelah kematian.  Imam Saduki adalah kumpulan para imam yang mengupayakan agar segala sesuatu dapat dijelaskan secara rasional.  Imam Saduki tidak menyadari bahwa manusia memiliki keterbatasan.  Keterbatasan itu membuat manusia tidak dapat menjelaskan segala sesuatunya  secara rasional.  Bahkan ada hal-hal dimana manusia tidak dapat memberi penjelasan apapun, karena hal-hal itu menyangkut kemahakuasaan Allah atau misteri Allah.  Mari kita baca dan renungkan!

PEMAHAMAN

  • Bagaimanakah kondisi atau keadaan orang-orang mati yang dibangkitkan pada masa kedatangan Kristus? (Ayat 36-38)
  • Bagaimanakah tanggapan ahli Taurat tentang penjelasan Yesus ? Adakah bantahan dari para imam atas penjelasan Yesus? (Ayat 39-40)
  • Bacalah secara perlahan teks hari ini.  Kebenaran apa yang saudara dapatkan?

Pada waktu itu Tuhan Yesus menjelaskan kepada semua orang bahwa pada peristiwa kebangkitan semua orang yang percaya dan setia kepada-NYA akan beroleh hidup kekal.  Tidak ada lagi penderitaan dan kematian.  Keabadian akan menjadikan mereka yang tinggal di dalamnya sama seperti para malaikat (ayat 36).  Yesus menegaskan uraiannya dengan mengutip pernyataan Musa bahwa Allah adalah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, yang merupakan Allah bagi semua orang yang hidup (ayat 37-38).

Penjelasan Yesus tidak lagi dapat direspon oleh imam-imam Saduki.  Yesus memberikan penjelasan berdasarkan pemahaman Musa.  Hal ini membuat imam-imam Saduki tidak lagi dapat bereaksi selain diam dan tidak membantah (ayat 40).  Jawaban Yesus justru mendapat tanggapan dari ahli-ahli Taurat yang membenarkan jawaban Yesus (ayat 39).  Persoalan terbesar orang Saduki adalah penolakan mereka terhadap Yesus dan ajaran-ajaran-NYA.  Mereka menganggap ajaran Yesus sesat dan tidak masuk akal.  Meski mereka telah melihat berbagai peristiwa mujizat, mereka tetap tidak percaya kepada Yesus.

Melalui bacaan hari ini kita diajak untuk merenung kembali pentingnya keyakinan dan kepercayaan kepada Kristus.  Kepercayaan dan kesetiaan kepada Kristus bukanlah hal yang sia-sia.  Setiap orang yang sungguh-sungguh beriman dan setia kepada-NYA akan beroleh hidup yang kekal.

REFLEKSI
Mari merenungkan: Iman dan kesetiaan adalah hal-hal yang Allah kehendaki agar setiap orang memperoleh bagian dalam kerajaan Sorga.  Tidak mungkin Allah menyediakan tempat bagi orang-orang yang meragukan karya Kristus dan juga tidak setia kepada Kristus.

TEKADKU
TUHAN terimakasih untuk kebenaran firman-Mu.  Mampukan saya hidup beriman dan setia kepada-MU.  Jangan biarkan saya hidup dalam keraguan.  Jangan biarkan saya tetap hidup dalam dosa.

TINDAKANKU
Tekun dalam membaca dan menggali Alkitab.  Menjadikan Alkitab sebagai pedoman.  Menjauhkan diri dari perbuatan negatif.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«