suplemenGKI.com

Minggu, 10 Mei 2015

09/05/2015

PERINTAH MENGASIHI

Yohanes 15:9-17

 

Pengantar
Pernahkah anda berpikir akan menyukakan orang lain? Bukankah kita sering kali hanya berpikiran untuk menyukakan diri sendiri? Maka hal menyukakan orang lain bukanlah hal yang mudah. Namun bagi Tuhan Yesus hal ini adalah harapanNya bahwa orang yang percaya hidup dalam suka citaNya. Mengapa Tuhan Yesus mengharapkan demikian?

Pemahaman

Ay 9, Dengan siapakah Tuhan Yesus membandingkan kasihNya?

Ay 10-12, Apa yang diperintahkan Tuhan Yesus kepada murid-muridNya?

Ay 13, Bagaimanakah Tuhan Yesus menggambarkan kasihNya yang besar?

Ay 14-15, Dengan sebutan apakah Tuhan Yesus menyebut murid-muridNya dan apa konsekuensinya?

Ay 16-17, Apa yang Tuhan Yesus katakan tentang pemilihan murid-muridNya?

Tuhan Yesus merasakan bahwa BapaNya sangat mengasihi Dia, maka Tuhan Yesus juga telah mengasihi murid-muridNya sama seperti Bapa mengasihi Dia. Maka Tuhan Yesus berharap murid-muridNya tinggal di dalam kasihNya.

Tuhan Yesus memerintahkan murid-muridNya untuk menuruti segala perintahNya dan hidup dalam kasihNya, hal ini bertujuan supaya para pengikutNya memiliki suka-cita yang penuh. Tuhan Yesus melihat betapa indahnya orang yang hidup dalam kasihNya, maka perintah untuk saling mengasihi satu dengan yang lain menjadi bagian yang penting dari kehidupan ini.

Tuhan Yesus sendirilah yang telah mendemontrasikan kasih yang besar dan agung, dimana Ia mau mati bagi sahabatNya (murid-muridNya). Tuhan Yesus ingin bahwa apa yang dilakukanNya dapat dimengerti dan diteladani oleh sahabat-sahabatNya.

Tuhan Yesus menghendaki supaya murid-muridNya saling mengasihi di dalam Tuhan. Kasih di dalam Tuhan adalah kasih yang rela berkorban bagi yang orang yang dikasihinya, kasih yang rela juga untuk memberikan sesuatu demi orang yang dikasihinya, kasih yang menganggap kesetaraan dengan orang yang dikasihinya. Ingat pula bahwa kita dapat mengasihi karena Allah terlebih dahulu mengasihi kita.

Refleksi
Ambil waktu sejenak untuk merenungkan: Dengan kasih yang bagaimanakah kita mengasihi sesama kita?

Tekadku
Ya, Tuhan Yesus, ajarkanlah kami untuk mengasihi bukan minta untuk dikasihi. Amin

Tindakan
Hari ini saya ingin mengasihi orang lain (anda dapat tentukan orangnya) di dalam Tuhan. Berbuatlah, pasti anda akan mendapatkan suka citaNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«