suplemenGKI.com

Mazmur 65 : 1 – 13.

“Mengucap syukur atas sagala berkatNya”

Mazmur ini disusun dalam kerangka ibadah ucapan syukur kepada Tuhan atas segala berkat yang dilimpahkan dalam kehidupan umat percaya. Turunnya hujan yang deras dipandang sebagai jawaban Tuhan atas doa mereka dan disambut dengan meriah. Dan masih banyak perkara besar yang dilakukan Allah dalam kehidupan umat percaya sehingga umat percaya mengucap syukur kepada Allah.

Pertanyaan penuntun.

  1. Mengapa umat percaya mengucap syukur kepada Allah ?
  2. Dalam hal apa saja umat percaya mengucap syukur ?
  3. Bagaimana dengan kita ? apakah kita juga harus mengucap syukur  kepada Tuhan ? dalam hal apa ?

RENUNGAN.

Jika kita di tanya, “mengapa saudara mengucap syukur” kepada Allah ? maka jawabannya pasti berbeda-beda. Ada yang menjawab karena Tuhan memberi rejeki, ada pula yang menjawab karena Tuhan memberi kesembuhan dari sakit, ada juga yang menjawab karena Tuhan menjawab doa, atau Tuhan sudah melakukan ini, itu dan sebagainya. Semua jawaban tersebut benar. Intinya bahwa dalam segala hal yang sudah dikerjakan Tuhan dalam kehidupan kita, seharusnya kita mengucap syukur. Lain kita, lain pemazmur. Pemazmur mendasarkan alasannya mengapa ia mengucap syukur pada tiga hal :

Pertama  : Pemazmur mengucap syukur karena Allah mendengarkan doa dan mengampuni dosa.

Kebahagiaan pemazmur terucap dengan deras manakala Tuhan menjawab doa-doanya dan lebih bahagia lagi karena Tuhan juga mengampuni dosa-dosanya [ ayat 2-5 ]. Kebahagiaan yang rangkap dirasakan oleh pemazmur ketika hidupnya diperkenan oeh Tuhan.

Kedua  : pemazmur mengucap syukur dengan memuji Tuhan karena perbuatan Allah yang dahsyat. [ayat 6-9]

Perbuatan-perbuatan Allah yang dahsyat dinyatakan di alam semesta dengan kekuatanNya yang luar biasa, sehingga  membawa umat manusia beriman kepada Tuhan. Dalam pengalaman hidup yang terdalam dalam alam semesta umat percaya menghadapi Pribadi Allah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu sehingga umat percaya mengagumi kebesaranNya.

Ketiga : Pemazmur mengucap syukur karena Allah memberkati ladang dan ternak mereka [ pekerjaan ]. Ayat 10-14.

Kebahagiaan pemazmur sangat lengkap karena Tuhan memberkati pertanian umat percaya sehingga menghasilkan panen yang berkelimpahan, hal itu semata-mata hanya karena limpahan berkat Illahi. Begitu pula dengan ternak mereka juga diberkati Tuhan.

Pengalaman pemazmur tentu berbeda dengan pengalaman kita sebagai orang Kristen. Tetapi kita dapat belajar dari pemazmur bahwa dalam segala hal kita harus mengucap syukur kepada Tuhan. Marilah kita belajar melakukannya, sehingga kita dapat menyelami segala karya Tuhan dalam kehidupan kita. Tuhan memberkati. Amin.

 “Mengucap syukurlah dalam segala hal ! itulah kehidupan orang percaya yang benar”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*