suplemenGKI.com

Penjala Manusia

Lukas 5:1-11

 

Pengantar
                Seringkali disadari atau tidak disadari manusia mudah membanggakan pengalamannya, bahkan sering kali pengalamannya dipakai standar untuk melihat (menghakimi) orang lain. Seakan akan ia/mereka lebih tahu dari orang lain, apalagi kalau ia/mereka usianya lebih tua dari yang dihadapinya. Bagaimana kita melihat Petrus yang berpengalaman di dunia nelayan bertemu dengan Yesus? 

Pemahaman
Ay 1-3, Apa yang dilakukan Yesus diatas perahu?
Ay 4-5, Apa yang Yesus katakan kepada Petrus dan apa reaksinya?
Ay 6-7, Apa hasil dari pekerjaan yang mereka lakukan hari itu?
Ay 8-9, Apa reaksi dari Petrus setelah melihat hasil dari menjala ikan?
Ay 10-11, Apa yang Yesus katakan kepada mereka yang menyaksikan hal tersebut?

Seperti biasanya, setiap kali Yesus melangkah kemana saja, maka  banyak orang yang mengikutinya. Hari itu Yesus menyusuri pantai danau Genesaret dan dilihatnya ada 2 perahu yang sudah menepi dan Yesus masuk ke dalam salah satu perahu tersebut. Di atas perahu itu Yesus mulai mengajar orang banyak yang duduk-duduk dipinggir pantai.

Setelah pengajaran-Nya, Yesus meminta Petrus untuk bertolak ketempat yang dalam dan menebarkan jalanya. Petrus menjawab, bahwa sepanjang malam mereka telah bekerja keras untuk menangkap ikan dan mereka tidak mendapatkan apa-apa, bagi Petrus adalah hal yang tidak masuk akal kalau harus pergi berlayar lagi, sedangkan semalam-malaman hasilnya nihil. Namun Petrus mau mencobanya lagi karena yang menyuruh Gurunya.

Ternyata hasil tangkapan ikan itu sangat luar biasa banyaknya, sehingga jalanya mulai koyak, 2 perahu itu terisi penuh ikan hingga hampir tenggelam.

Petrus tahu bahwa hal ini terjadi karena Yesus yang memerintahkannya, maka ia datang tersungkur di depan Yesus dan mengakui sebagai orang yang berdosa dan tidak layak berhadapan dengan Tuhan Yesus.Maka Petrus memohon Yesus untuk meninggalkan mereka sebagai orang berdosa.

Maka Yesus mengundang Yakobus, Yohanes dan Petrus untuk tidak perlu takut dengan Dia dan Yesus akan menjadikan mereka penjala manusia bukan ikan lagi.

Setelah peristiwa itu, mereka meninggalkan perahu mereka dan pergi mengikuti Yesus dan menjadi murid-murid-Nya.

Refleksi
Renungkanlah: Seberapa sering anda introspeksi diri dihadapan Allah? Apa dampak dari anda mengintrospeksi diri? Seberapa besar anda rindu membawa orang-orang mengenal Yesus?

Tekadku
Ya Tuhan, ampunilah kami yang jarang mengintrospeksi diri, dan ampunilah kami yang jarang mengenalkan Engkau kepada sesama kami. Berilah kami keberanian untuk memuliakan nama-Mu.

Tindakanku
Hari ini saya mau mendoakan dan mendekati orang yang akan saya kenalkan dengan Yesus

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«