suplemenGKI.com

ROMA 10:9-15

“ORANG KRISTEN YANG BERSAKSI”

PENGANTAR

Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu.” Ayat firman Tuhan ini berbicara mengenai mulut (yang mengaku) dan hati (yang percaya).  Dua hal yang nampak sederhana itu ternyata mempunyai peranan penting untuk membuat karya keselamatan Kristus menjadi milik kita.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 12-13:  Bagi siapakah keselamatan itu disediakan?  (ay.12)  Apa artinya “berseru kepada nama Tuhan”? (ay.13)  Bagaimana seharusnya kita menerapkan ayat ini dalam kehidupan gereja kita?
  2. Ayat 14-15:  Agar seseorang dapat berseru kepada nama Tuhan ternyata membutuhkan sebuah proses yang panjang.  Proses seperti apakah itu?
  3. Menurut Anda, hal apa sajakah yang membuat gereja-gereja (mungkin termasuk gereja kita) tidak maksimal dalam memberitakan Injil?  Apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi hambatan tersebut?

Di gereja kita setiap orang yang hendak menerima sakramen Baptis Dewasa atau sidi harus menyatakan pengakuan imannya di depan Tuhan dan jemaatNya.  Pengakuan itulah yang menjadi dasar pelaksanaan Baptisan dan Sidi.  Dalam konteks kehidupan jemaat Kristen di Roma pengakuan semacam itu tidak mudah dilaksanakan.  Jemaat Kristen di Roma hidup dalam tekanan pemerintah yang tidak bersahabat dengan kekristenan.  Hukuman dan siksaan merupakan ancaman nyata bagi setiap orang Kristen yang mengaku imannya.  Artinya, untuk menyatakan pengakuan semacam itu diperlukan kesungguhan hati dan kerelaan berkorban.

Meski harus dibayar dengan harga yang mahal, iman dan pengakuan itu harus dinyatakan.  Melalui iman dan pengakuan itulah kita mendapatkan bagian dalam karya keselamatan Yesus Kristus.  Oleh iman dan pengakuan itulah jemaat dipersatukan, meski di dalamnya terdapat perbedaan suku dan tingkat sosial.  Betapa kita bersukacita jika kita melihat kenyataan indah ini juga terjadi di gereja kita.

Namun, untuk sampai kepada iman dan pengakuan semacam ini tidaklah mudah.  Iman dan pengakuan itu tidak datang begitu saja di dalam diri seseorang.  Ada sebuah proses panjang yang harus dilalui.  Dan proses itu dimulai dari pemberitaan Injil.  Dengan kata lain, pemberitaan Injil harus terus-menerus dilakukan agar semakin banyak orang percaya kepada Kristus.

REFLEKSI

Coba ingatlah kembali: apa yang membuat Anda menjadi seorang Kristen? Bila perlu ingatlah saat Anda menerima sakramen Baptisan atau pada waktu Anda sidi.

Terkait dengan proses panjang seseorang untuk mengaku Tuhan sebagai Juruselamatnya (ayat 14-15), apakah gereja kita (termasuk Anda secara pribadi) sudah mengambil peranan dalam proses tersebut?

TEKADKU

Tuhan, perlengkapilah diriku dengan kuasa dan keberanian agar Injil yang luar biasa itu dapat tersampaikan dengan baik kepada orang-orang yang belum percaya di sekitarku ini, salah satunya adalah melalui kesaksian hidupku, verbal dan non verbal. Amin

TINDAKANKU

Mari memperkatakan tentang Tuhan yang adalah Juruselamat kita kepada seseorang yang Anda kenal dan belum percaya kepada Kristus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«