suplemenGKI.com

Minggu, 1 Juni 2014

31/05/2014

PERDAMAIAN ALLAH ADALAH SATU UNTUK SEMUA

 

Kolose 1 : 19 – 23

 

Pengantar
Pada jaman ini kita menghadapi berbagai penderitaan karena situasi dan peristiwa alam. Situasi dan peristiwa alam yang makin nampak kurang bersahabat dengan kita. Namun apakah benar alam yang tidak lagi bersahabat dengan kita? Bukankah seringkali kita yang berlaku tidak bersahabat dengan alam. Berbagai tindakan kita telah mencemari bahkan merusak keindahan dan fungsi alam. Kita tidak mematuhi aturan-aturan kehidupan alam. Maka penting untuk kita belajar dari apa yang Paulus sampaikan dalam surat Kolose.

Pemahaman
Ayat 19 – 22        :  Apa arti pernyataan “ oleh DIAlah IA memperdamaikan segala
sesuatu dengan Diri-NYA” ?

Ayat 23                 :  Bagaimana sikap hidup yang harus diwujudkan sebagai orang yang
telah diperdamaikan di dalam Kristus?

Jika kita membaca surat Kolose secara lebih luas maka sesungguhnya bagian ini hendak mengungkapkan bahwa di dalam Kristus, ALLAH memperdamaikan, tidak saja manusia tetapi juga seluruh ciptaan dengan diri-NYA. Dan karena itu para pengikut dan pelayan Kristus harus juga memiliki kehidupan yang berdamai (baca: bersahabat) dengan segenap ciptaan, termasuk alam di sekitarnya.

Dan sebagai manusia yang telah diperdamaikan dengan ALLAH harus menjaga kekudusan hidup, baik dalam hati dan pikiran yang sebelumnya nyata dalam perbuatan yang jahat yang kita lakukan. Di sinilah pentingnya kita menjaga keteguhan iman kita dalam ketekunan, agar tidak goncang menghadapi berbagai pengajaran atau pengaruh yang menjauhkan kita atau menggeserkan kita dari pengharapan Injil.

Refleksi
Bagaimanakah selama ini kita memperlakukan alam? Apakah kita telah hidup bersahabat atau berdamai dengan alam? Dan bagaimana kita melihatnya sebagai kesatuan hubungan perdamaian yang ALLAH anugerahkan bagi kita?

Tekad
Ya TUHAN, biarlah hati dan pikiran kami makin berdamai dan bersahabat dengan alam, sebagai bagian dari kehidupan pribadi kami yang telah TUHAN damaikan.

Tindakanku
Mulai hari ini saya akan berupaya menampakkan hati dan pikiran yang telah diperdamaikan dengan TUHAN dalam perbuatan baik bagi alam di sekitarku, antara lain dengan tidak mencemari dan merusak lingkungan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*