suplemenGKI.com

Markus 1:21-28

 

Kuasa Yesus

 

Pengantar

Berbagai macam cara manusia menghadapi tantangan hidup ini. Ada yang bersikap masa bodoh dan menganggap waktu dapat menyelesaikan segalanya, sebagian berupaya mengatasi persoalan dengan mengerahkan segenap daya upaya. Berbagai macam sikap itu adalah reaksi dari manusia yang menghadapi tantangan. Bagaimana Tuhan Yesus menghadapi tantangan pada jamanNya?

 

Pemahaman

Ay 21-22, Apa yang Yesus lakukan setibanya di Kapernaum?

Ay 23-24, Apa yang dikatakan orang yang sedang kerasukan roh jahat terhadap Yesus?

Ay 25-26, Apa yang Yesus lakukan terhadap orang yang kerasukan roh jahat tersebut?

Ay 27-28, Apa reaksi masyarakat terhadap Yesus pada saat itu?

 

Seperti biasanya pada hari Sabat, Yesus hadir dalam rumah ibadat dan mengajar banyak orang. Kehadiran Yesus selalu mengundang banyak orang untuk datang  dan mendengarkan ajaran Yesus. Mereka sering kali kagum dengan apa yang diajarkan Yesus kepadanya, apalagi dibandingkan dengan ahli-ahli Taurat, Yesus kelihatan lebih unggul daripada ahli-ahli Taurat.

Dalam rumah ibadat itu tiba-tiba ada seorang yang kerasukan roh jahat sehingga berteriak-teriak, teriaknya ditujukan kepada Yesus. Orang yang kerasukan roh jahat ini mengakui bahwa Yesus dari Nazaret dan Yang Kudus dari Allah serta Yesus berkuasa membinasakan roh jahat tersebut. Yesus menghadapi tantangan itu dengan menyuruh roh jahat itu untuk diam dan keluar dari tubuh orang tersebut. Roh jahat itu mengoncang-goncangkan orang tersebut, sambil menjerit ia keluar dari orang tersebut. Roh jahat itu patuh pada perintah Yesus untuk meninggalkan dengan segera orang tersebut. Yesus berani menghadapi tantangan tersebut karena KuasaNya melebih kuasa roh-roh jahat.

 

Melihat hal tersebut maka banyak orang mulai takjub dengan apa yang Yesus lakukan, mereka mulai memperbincangkanNya, karena mereka belum pernah melihat yang seperti ini. Mereka menyimpulkan bahwa Yesus berkata-kata dengan kuasaNya, bahkan roh-roh  jahatpun tunduk dan taat pada perintahNya. Maka dengan cepat tersiarlah kabar tentang kuasa Yesus yang luar biasa dan pengajaran Yesus yang melebih dari ahli-ahli Taurat.

 

Refleksi
Renungkanlah! Seberapa besar kita merasakan kuasa Yesus yang bekerja dalam hidup kita?

 

Tekadku
Ya, Tuhan sering kali kami bekerja mengandalkan kekuatan kami sendiri, harta kami sendiri dan teman-teman kami sendiri. Kami jarang melibatkan Engkau dalam menghadapi tantangan jaman ini. Ampunilah kami dan mampukan kami untuk mengandalkan kuasa Yesus dalam menjalani hidup ini.

 

Tindakanku
Hari ini saya akan melibatkan kuasa Yesus dalam mengambil keputusan, misalnya sebelum mengambil keputusan saya terlebih dahulu berdoa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*