suplemenGKI.com

Minggu, 1 April 2018

31/03/2018

KEBANGKITAN KRISTUS MEMBEBASKAN BELENGGU MAUT

Markus 16:1-8

 

Pengantar
                Pernahkah kita berkunjung kepada saudara-saudara kita yang sedang menjalani tahanan di rumah tahanan. Sekalipun tangan dan kaki mereka tidak terbelenggu dengan rantai namun mereka tidak dapat dengan bebas keluar masuk rumah tahanan. Mereka terikat dengan peraturan yang ada dan status mereka sebagai tahanan. Kerinduan mereka yang terbelenggu ini adalah pembebasan yang sesungguhnya, yaitu mereka telah menjalani masa hukumannya dan mereka diperbolehkan keluar dari rumah tahanan tersebut. Apa yang telah Yesus bebaskan dari kita?

Pemahaman

Ay 1-2, Apa yang dilakukan oleh Maria Magdalena bersama-sama dengan teman-temannya?

Ay 3, Apa yang menjadi pergumulan mereka ketika menuju ke kubur Yesus?

Ay 4-5, Apa yang terjadi di kubur Yesus dan apa yang mereka lihat?

Ay 6-8, Apa yang dikatakan orang muda tersebut kepada mereka?

Kerinduan Maria Magdalena dan kawan-kawannya adalah ingin merempah-rempahi dan meminyaki tubuh Yesus, maka mereka membeli segala keperluan tersebut dan bergegas menuju ke kubur Yesus. Namun mereka memilki pergumulan yang baru bahwa kubur Yesus telah ditutup dengan batu yang besar dan dimeteraikan, siapa yang akan membantu mereka membuka kubur tersebut.

Ketika sampai di kubur tersebut mereka melihat bahwa kubur telah terbuka dan batu besar yang menutupi kubur itu telah terguling. Mereka memberanikan masuk ke dalam kubur dan mereka kaget melihat seorang muda memakai jubah putih sedang duduk.

Mereka bertambah kaget ketika orang muda itu tahu tujuan mereka sedang mencari Yesus. Bahkan orang muda itu berkata,”Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Orang muda itu memberi tahu bahwa Yesus ada di Galilea, dan disana engkau akan melihat Yesus yang bangkit, seperti yang pernah dikatakan-Nya kepadamu.”

Maria Magdalena dan kawan-kawan segera meninggalkan kubur tersebut menuju ke tempat murid-murid Yesus berkumpul dan menyampai berita bahwa Yesus telah bangkit.

Setelah peristiwa ini maka berita bahwa Yesus bangkit segera tersebar ke penjuru tempat

Yesus telah bangkit membuktikan kuasa maut dikalahkan-Nya. Yesus bangkit membuktikan bahwa setelah kematian masih ada kebangkitan dan hidup yang kekal. Yesus bangkit memungkinkan manusia tidak terbelenggu dengan ikat kuasa dosa ataupun kuasa kegelapan, karena Yesus telah mengalahkan semuanya di atas kayu salib.

Refleksi
Ambil beberapa menit untuk merenungkan: Apa dampak yang besar dari kebangkitan Yesus bagi saya? Apa saya sudah menjalani hidup ini sesuai dengan makna kebangkitan Yesus?

Tekadku
Ya Tuhan, seringkali kebangkitan-Mu kami rayakan, namun banyak diantara kami sesungguhnya tidak merasakan dampak dari kebangkitan-Mu ya Tuhan, kami sering kalah dengan kuasa dosa. Ampunilah kami dan perbaharuilah kami ya Tuhan.

Tindakanku
Hari ini saya akan menceritakan kuasa kebangkitan Yesus Kristus, kepada orang yang dekat dengan saya dan teman/sahabat saya

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«