suplemenGKI.com
Berdoa

Berdoa

Matius 25:10-13

Kedatangan Anak Manusia Memang Tidak Terduga, Siapkah Engkau?

            Suatu kali saya berbincang-bincang dengan seorang petugas penjaga rel kereta api. Saya bertanya kepada penjaga tersebut, Apakah setiap kereta api melintas tidak ada ketentuan jadwalnya, padahal setiap keberangkatan kereta api dari satu stasiun ke stasiun yang lain sudah diatur jadwal dan jam keberangkatannya. Dengan demikkian bisa diprediksi kapan kereta api itu akan melintas pada setiap lintasan yang dijaga oleh petugas. Sang penjaga mengatakan, memang benar demikian, setiap penjaga lintasanpun tidak jarang sebenarnya sudah diinformasikan oleh pusat koordinasi tentang waktu-waktu kereta api akan melintas, bahkan tanpa diberitahupun kita sudah bisa memprediksi kapan kereta api itu akan melintas. Tetapi yang menjadi persoalan sehingga sering terjadi kecelakaan adalah ada diantara penjaga yang tidak berjaga-jaga atau lalai dengan tugasnya. Faktor yang ke dua adalah pemakai jalan yang akan dilintasi kereta api terkadang tidak taat, dengan kata lain tidak berjaga-jaga juga, itulah yang sering mengakibatkan terjadi kecelakaan di lintasan kereta api. Hari ini kita belajar tentang berjaga-jaga melalui pembacaan dari perumpamaan Tuhan Yesus dalam menanti kedatangan Anak Manusia. 

Pertanyaan-Pertanyaan Penuntun:

  1. Apa pendapat saudara tentang persiapan yang dilakukan oleh ke lima gadis bodoh dalam kisah ini?
  2. Apa pendapat saudara tentang persiapan yang dilakukan lima gadis bijak dalam kisah ini!
  3. Bagaimana persiapan saudara dalam menantikan kedatangan Anak Manusia? 

Renungan:

            Ada peribahasa yang berbunyi “Bukan langkah awal yang menentukan, tetapi langkah akhir yang menentukan” Bagi saya boleh-boleh saja peribahasa itu dipakai untuk memaknai bahwa starting poin di awal tidak terlalu penting atau tidak terlalu menentukan, sedang ending yang sangat penting dan paling menentukan untuk meraih sebuah keberhasilan atau kesuksesan. Tetapi dalam perumpamaan Tuhan Yesus tentang sikap bijak dalam menantikan kedatangan Anak Manusia ini, baik start awal maupun ending sama-sama menentukan bagi seseorang untuk bisa diperkenankan atau tidak di dalam menyongsong kedatangan Anak manusia. Jadi jika saya dimintai pendapat mengenai sikap atau persiapan ke dua kelompok gadis dalam bacaan kita hari ini, maka saya berani berkata kelompok gadis bodoh telah lalai atau tidak berjaga-jaga dengan serius dalam mempersiapkan diri, termasuk bisa dikatakan tidak bertanggungjawab dalam mempersiapkan diri menyongsong kedatangan Anak Manusia. Sedang kelompok gadis bijaksana itu telah menunjukkan keseriusan, kesungguhna dan tenggungjawab yang baik dan benar dalam mempersiapkan diri menantikan kedatangan Anak Manusia. Maka adalah suatu hak mereka kalau diperkenankan masuk dalam pesta perkawinan itu.
            Melalui perumpamaan ini Yesus sebenarnya mengajarkan kepada setiap kita, bahwa kedatangan Anak  Manusia memang tidak terduga, dan kita tidak bisa menuntut dan protes dengan berkata “seharusnya diinformasikan lebih awal dan sebagainya” Kita tidak pantas mengurus apa yang menjadi bagian Tuhan, tentang kapan Ia akan datang, yang harus menjadi kepedulian kita adalah diri kita, adakah kita adalah orang yang berjaga-jaga, mempersiapkan diri dengan serius atau tidak. Kita juga tidak bisa menyalahkan orang lain, mengapa tidak mau menolong kita, seperti yang dilakukan ke lima gadis bodoh yang bisanya hanya meminta minyak orang lain.
            Saudara, persiapan dan berjaga-jaga menantikan kedatangan Tuhan Yesus sifatnya sangat personal, maka jika kita ingin diperkenankan untuk masuk dalam pesta perjamuan pada kedatangan Tuhan Yesus ke dua kali kelak, sebaiknya kita mempersiapkan diri dan berjaga-jaga mulai dari sekarang secara konsisten sampai Ia datang kelak. Dengan menjaga kesetiaan, kasih dan penyerahan diri kita kepada Dia, tanpa harus terpengaruh oleh apapun juga, tetapi fokus pada Dia yang pasti akan datang segera. Dengan demikian maka kita akan disambut dengan ucapan “mari masuk dalam perjamuan Anak Manusia”  Amin.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«