suplemenGKI.com

Sabtu, 19 November 2011

Efesus 1: 20-23

Bagian ini menjelaskan tentang kemuliaan KRISTUS dan apa dampaknya dalam kehidupan orang-orang yang percaya kepada-Nya.
Pendalaman teks

1. Bagaimanakah Rasul Paulus menjelaskan tentang kemuliaan KRISTUS?
2. Apakah dampak kemuliaan KRISTUS bagi orang-orang percaya?

Renungan:

Ada dua tahap kemuliaan KRISTUS yang dijelaskan Paulus yaitu kebangkitanNya dan penobatanNya sesudah itu. ALLAH membangkitkan KRISTUS dari kematian dan menempatkan-Nya di hadirat-Nya. KRISTUS duduk di sebelah kanan ALLAH BAPA di Sorga. Kuasa KRISTUS lebih tinggi dari segala pemerintah, penguasa, kerajaan, semua yang ada di dunia ini dan dunia yang akan datang. KRISTUS telah menaklukkan segala sesuatu. KRISTUS adalah Kepala Gereja yang memenuhi kehidupan jemaat sebagai tubuh-Nya.

Penobatan TUHAN yang bangkit tidak hanya memberikan kepada-Nya kehormatan dan kemuliaan pribadi tapi juga mempunyai dampak (hasil guna) yang jauh dari jangkauan dunia dan gereja. Dunia sekarang menerima seorang pemerintah yang baru, gereja diberi Kepala yang berdaulat. Di bawah Sang Kepala inilah gereja hidup aman.

Gereja adalah tubuh KRISTUS, alat bagi kehendak TUHAN di dunia. KRISTUS memegang kuasa dalam gereja-Nya sama seperti Kepala menguasai gerakan-gerakan tubuh manusia.

Keberadaan gereja sebagai tubuh KRISTUS bagaikan mercu suar yang memancarkan terang yang memberi arah bagi para pelaut. Mercu suar dibangun untuk membantu para kapten kapal yang mengemudikan kapalnya menuju pelabuhan yang aman.

Bangunan-bangunan mercusuar memiliki ukuran, bentuk, dan warna yang bervariasi, tetapi masing-masing mempunyai daya tarik dan keindahan yang unik. Tujuan dibangunnya mercusuar tidak hanya untuk dikagumi, melainkan untuk menyorotkan sinar yang akan menuntun para pelaut menuju tempat yang aman. Mercusuar sangat bermanfaat dan dihargai manakala orang dapat melihat terangnya, dan bukan bangunannya, di tengah kegelapan malam.
Terang kemuliaan KRISTUS, Sang Kepala, menembus hidup kita sehingga kita pun siap memancarkan terang itu bagi dunia sekitar kita. Dengan demikian terang kemuliaan KRISTUS dapat dirasakan dunia melalui karya terang gereja.

Jadilah mercusuar yang siap menerangi lautan yang gelap

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*