suplemenGKI.com

Mulai hari minggu ini kita memasuki masa raya Pra Paskah, dimana pada tangal 22 Februari yang lalu telah diadakan ibadat Rabu Abu. Secara khusus, kebaktian di hari minggu ini menggunakan liturgi khusus dalam rangka Ulang Tahun GKI SW Jawa Timur ke-78 yang patut kita syukuri sebagai karya anugerah TUHAN bagi kita dan dunia di sekitar kita.

Ada banyak bentuk dan cara mengucap syukur atau hidup bersyukur, namun yang pasti semuanya itu harus dilakukan untuk menyenangkan hati TUHAN dan mempermuliakan nama-NYA. Jadi bukan untuk sekedar membuat sebuah acara yang meriah atau akbar demi kesenangan atau aktualisasi diri kita. Dengan bahasa yang lebih tajam, bukan untuk memuaskan diri kita, tapi untuk mempuasakan diri kita.

Maka sungguh tepat jika di awal masa raya Pra Paskah yang sekaligus merayakan ulang tahun hidup bergereja, kita diajak untuk melihat apa yang menjadi kehendak TUHAN dan bukan keinginan kita melalui Ulangan 10 : 12 – 22 yang juga memperlihatkan bagaimana karya TUHAN yang mencerminkan jati diri-NYA bagi umat dan segenap ciptaan.

Secara khusus dalam ayat 18 dan 19 dinyatakan bahwa TUHAN hadir sebagai pembela bagi yang lemah dan bagi orang asing. TUHAN berkenan menyatakan kasih-NYA kepada mereka dan menghendaki umat-NYA melakukan hal yang selaras dengan itu. Dalam penghayatan itulah maka tercetus tema “Merayakan Hidup dengan Persahabatan, Persaudaraan, dan Perdamaian, yang lebih mudah diingat sebagai MP3.

Selamat memasuki Minggu Pra Paskah 1, dan selamat mensyukuri karya TUHAN dalam kehidupan gereja-NYA dengan hidup tidak untuk kepuasan diri sendiri, tapi dengan makin berpuasa terhadap berbagai kesenangan diri dan lebih merayakan (baca: memperbesar) kasih dan keberpihakan pada yang lemah tanpa memandang bulu sebagai wujud hidup bersahabat dan bersaudara serta berdamai dalam ketaatan di jalan TUHAN.
– secuwil -

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*