suplemenGKI.com

Sabtu, 28 November 2015

Lukas 21:25-33

Pengantar

Maraknya berita tentang kebakaran hutan di beberapa wilayah di Indonesia tentu sangat menyayat hati kita. Bahkan bencana yang terjadi di bumi seringkali membuat kita berpikir dan bertanya-tanya. Apakah bencana yang terjadi adalah salah satu tanda bahwa Tuhan akan datang kembali? Hari ini kita akan melihat bagaimana seharusnya orang percaya menanggapi dan menyikapi tanda-tanda jaman yang terjadi saat ini.

Pemahaman

  • Ayat 25-26    : Tanda-tanda apakah yang dituliskan dalam ayat ini?
  • Ayat 28          : Apa maksud dari kalimat , “sebab penyelamatanmu sudah dekat”?
  • Ayat 29-30    : Perumpamaan apakah yang dipakai oleh Yesus untuk menggambarkan Kerajaan Allah yang sudah dekat?
  • Ayat 31-33    :  Pesan apa yang hendak Yesus sampaikan melalui perumpamaan tersebut?

Yesus menyampaikan kewaspadaan pada murid-murid dengan menyampaikan tanda-tanda kedatangan Anak Manusia. Tanda-tanda alam yang dahsyat itu dipakai untuk menggambarkan kemahakuasaan Tuhan terhadap bangsa-bangsa ( ayat 25 ). Tuhan mau mengatakan bahwa sekuat apa pun bangsa-bangsa dan sebisa apa pun mereka menindas umat Allah, Allah sendiri tetap berdaulat atas mereka dan bisa menghancurkan mereka ( ayat 26 ). Hal ini menunjukkan bahwa Allah membela umatNya yang tertindas. Oleh sebab itu Yesus mengatakan bahwa: “Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat” ( ayat 28 ). Maka secara keseluruhan dalam ayat 25-28,  Yesus hendak menjelaskan bahwa hari Tuhan bukanlah hari kiamat bagi orang yang beriman kepada Kristus. Justru hari itu merupakan hari berkat di mana Tuhan telah menyatakan diriNya

Untuk menegaskan kembali tentang kedatangan-Nya, Yesus melanjutkan perkataan-Nya dengan menggunakan perumpamaan pohon ara atau pohon apa saja  yang mana jika pohon-pohon tersebut sudah bertunas, maka para murid akan tahu dengan sendirinya ( ayat 29-30 ). Mungkin pesan yang disampaikan oleh Yesus agak membingungkan tetapi pesan tersebut hendak menegaskan bahwa sesungguhnya kedatangan Anak Manusia, yaitu Yesus sendiri, janganlah disepelekan karena perkataan Tuhan tidak akan pernah berlalu. Melalui bagian ini kita diajar bukan untuk serta-merta mengamati setiap tanda yang terjadi di bumi. Tetapi setiap hal yang terjadi di bumi ini menjadikan refleksi bagi kita untuk tetap beriman menjelang kedatanganNya kembali.

Refleksi

Dalam keheningan, pejamkan mata dan bayangkanlah tanda-tanda dalam ayat 25-28. Apakah yang Anda rasakan? Tanda-tanda jaman yang terjadi saat ini seharusnya tidak membuat kita menjadi gentar, letih, dan tak berpengharapan. Sebagai orang percaya kita perlu menyikapinya dengan terus giat berjuang dan menguatkan iman kepada Tuhan melalui kegiatan-kegiatan rohani yang dilakukan.

Tekadku

Tuhan, mampukanku untuk menyikapi tanda-tanda jaman yang terjadi saat ini dengan bertekun dalam iman dan melatih diri untuk hidup dalam kebenaranMu.

Tindakanku

Mulai hari ini aku akan mempersiapkan diri menyambut kedatangan TUHAN dengan membangun kembali persekutuanku dengan Tuhan. Aku akan memberikan waktuku untuk berdoa secara pribadi kepada Tuhan sebagai bentuk latihan rohani serta mempersembahkan karya layanan yang terbaik.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*