suplemenGKI.com

MENUAI UPAH

14/05/2010

MENUAI UPAH

Jumat, 14 Mei 2010
Wahyu 22:12-14

Bacaan hari ini berada dalam konteks berita kedatangan TUHAN YESUS. Apakah yang akan terjadi apabila IA datang?
Ayat 12 : Apa yang dibawa TUHAN YESUS pada saat kedatangan-Nya?
Ayat 13 : Bagaimanakah TUHAN YESUS memperkenalkan diri-Nya?
Apa arti identitas diri yang diperkenalkan itu?
Ayat 14 : Siapakah yang dimaksud “ mereka yang membasuh jubahnya”?
Apa yang mereka lakukan dan upah apa yang mereka terima?
Renungan:
Untuk memahami ayat 12, kita perlu melihat ayat 11: “ Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!”Dalam ayat ini mau ditekankan pentingnya umat mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat – dengan resikonya sendiri, sebab nanti ia akan mengalami sendiri akibatnya; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran – nanti ia sendiri akan melihat apa hasilnya. “

Dalam ayat 12, diberitakan tentang kedatangan Tuhan YESUS yang membawa upah untuk orang jahat dan untuk orang benar. Tuhan YESUS datang dan memperkenalkan dirinya sebagai Alfa dan Omega (huruf pertama dan terakhir abjad Yunani), Yang Pertama dan Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir. Dialah sumber kehidupan dan tujuan kehidupan. Kedatangan TUHANYESUS membawa penghakiman. Sang Hakim akan datang dengan kekuasaanNya dan dalam kemuliaan. Kedatangan TUHAN YESUS sebagai Sang Hakim akan memberi hadiah untuk orang kudus dan hukuman untuk orang jahat. Semua orang akan dihakimi menurut perbuatannya.

Setiap orang yang hidup beriman kepada-Nya tak perlu takut menghadapi penghakiman sebab mereka akan berbahagia karena akan memperoleh bagian dari penyelamatan yang dinyatakan pada hari penghakiman kelak. Itulah yang dimaksud orang-orang yang membasuh jubahnya yaitu orang yang telah mencuci bersih jubahnya didalam KRISTUS; mereka yang memelihara perintah-perintah TUHAN; yang menjadi kan TUHAN sebagai sumber dan tujuan kehidupannya.

Mari kita melihat kehidupan kita masing-masing. Apakah upah yang kita tuai pada saat TUHAN YESUS datang kedua kalinya? Ingatlah pepatah: “apa yang kita tanam hari ini, itulah yang akan kita tuai esok hari”. Sambutlah kedatangan TUHAN YESUS, Sang hakim yang agung dengan menanam kesetiaan iman dan hidup di jalan TUHAN.

Yakinkah Saudara bahwa apa yang Sauda kerjakan hari ini tidak membuat Saudara menyesal di masa depan? Sesungguhnya masa depanmu ada dan harapanmu tak akan hilang. Songsonglah dan raihlah masa depan bahagia bersama TUHAN. Berjalanlah bersama TUHAN dan Firman-Nya dalam tiap detik kehidupan. Jadikanlah TUHAN YESUS KRISTUS sumber kehidupan dan tujuan kehidupan Saudara.

Hadiah diberikan kepada mereka yang bekerja keras dengan penuh perjuangan

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*