suplemenGKI.com

Lalu kata Yesus kepada mereka : “ Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah”. (Mat 22:21b).

Ayat ini ingin menerangkan bahwa sebagai orang Kristen, Tuhan memberikan peran/ tanggung jawab/kewajiban yang harus dijalankan. Tanggung jawab duniawi, dimana kita wajib untuk taat kepada negara. Itu artinya sebagai warganegara yang baik, kita harus taat kepada hukum, peraturan yang telah ditetapkan oleh negara, di dalam membayar pajak sekalipun. Dalam arti yang lebih luas kaisar dapat diartikan sebagai atasan, guru, orang tua, suami/ istri. Di dunia, kita memiliki peran yang harus dijalankan dimana kita harus bertanggung jawab pula kepada atasan, atau sebagai seorang anak kita punya tanggung jawab kepada orang tua, atau kita sebagai murid kita memiliki tanggung jawab kepada guru, atau sebagai seorang isti/ suami kitapun punya tanggung jawab kepada keluarga.

Di samping itu kita juga punya tanggung jawab rohani kepada Tuhan. Sebagai warga Kerajaan Allah kita harus menjalankan peran yang harus kita jalankan sebagai bentuk kewajiban kepada Tuhan/ gereja. Kita wajib mengucap syukur, menjadi saksiNya, wajib beribadah kepada Tuhan, agar iman semakin bertambah dan kasih kita semakin kuat diantara sesama, sekalipun harus menderita aniaya dan penindasan (2 Tes 1:3-10).

Ke dua peran ini harus dijalankan bersama-sama dengan baik dan benar. Jangan menekankan hanya salah satu saja dari dua tanggung jawab/ peran tersebut.

Rasul Paulus telah memberikan teladan yang baik dengan tetap bekerja sebagai pembuat tenda, selain melaksanakan tugas utamanya sebagai pemberita Injil. Jemaat di Tesalonika bukan hanya diajar untuk tetap rajin berdoa, menguatkan iman dan kasih kepada Tuhan, tetapi juga diajar untuk giat bekerja sebagai tanggung jawabnya di dunia.

Mari menjalankan peran yang sudah diberikan oleh Tuhan dengan baik, benar dan bertanggung jawab. (AK)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*