suplemenGKI.com

Sabtu, 25 Februari 2012

Markus 1:9-11

Seorang anak kecil selalu ingin tampil benar di hadapan ayahnya sebab ia tahu ayahnya sangat disiplin dan keras. Ia tak ingin mendapatkan amarah dari ayahnya. Oleh karena itu ia sangat berhati-hati bersikap agar tidak berbuat salah. Pada kenyataannya sekalipun ia sangat berhati-hati masih saja ada kesalahan yang ia lakukan. Akibatnya masih saja ia dimarahi ayahnya. Akhirnya ia menyadari bahwa manusia punya kelemahan dan keterbatasan, tak mungkin ia selalu berperilaku benar dan itu berarti tak mungkin ia selalu berkenan di hati ayahnya.

Kenyataan di atas berbeda dengan apa yang ALLAH nyatakan kepada orang banyak tentang YESUS. Marilah kita menggali bacaan hari ini.

Pendalaman teks Alkitab
• Apakah arti penting pembaptisan TUHAN YESUS bagi perjalanan karya-Nya di dunia?
• Apakah yang ALLAH mau nyatakan kepda orang banyak pada saat TUHAN YESUS dibaptis?

Renungan

Peristiwa pembaptisan YESUS di sungai Yordan adalah peristiwa penting yang mengawali karya-Nya sebab dalam peritiwa ini terjadi peneguhan ( konfirmasi) dari ALLAH sendiri bahwa YESUS adalah Mesias yang diutus oleh ALLAH. Markus menceritakan bahwa suara dari Sorga menyatakan: “ Engkaulah AnakKu yang kukasihi, kepadamulah aku berkenan.”

Mengapa YESUS diproklamasikan sebagai ANAK yang dikasihi dan diperkenan ALLAH padahal IA belum mulai berkarya di tengaha masyarakat Israel? Tampaknya Injil mau mengatakan kepada kita bahwa sejak semula KRISTUS adalah ANAK ALLAH yang sudah berkenan di hati ALLAH. Ketika Ia meninggalkan Sorga mulia dan masuk ke dalam dunia yang fana untuk menyatakan karya kasih BAPA bagi dunia dan segala isinya, sesungguhnya IA sudah melakukan karya mulia yang menyenangkan hati BAPA. Ia bukan manusia biasa yang penuh keterbatasan dan kelemahan. IA adalah ANAK ALLAH yang ALLAH kirimkan ke dunia untuk menyelamatkan dunia ini. Proklamasi tentang diri YESUS menjadi peristiwa yang mengawali perjalanan karyaNya untuk melakukan kehendak BAPA.

Apakah Saudara memiliki kerinduan menjadi anak-anak TUHAN yang berkenan di hati TUHAN? Sesungguhnya perjalanan hidup kita di dunia ini adalah perjalanan untuk membuktikan bahwa kita dapat memuliakan TUHAN dan hidup berkenan di di hadapan-Nya. Sungguh ini bukan perjalanan yang mudah namun sebuah perjuangan yang harus kita lakukan dengan penuh semangat. Keberhasilan kita untuk hidup berkenan di hati TUHAN akan tergantung pada penyerahan diri kita pada TUHAN.

Orang yang hidup menyerahkan diri pada TUHAN akan selalu mau mendengar dan berpegang pada Firman TUHAN agar dapat melakukan kehendak TUHAN. Dengan demikian hidupnya akan selalu dituntun kebenaran Firman TUHAN. Kerinduan untuk hidup berkenan di hadapan TUHAN hanya akan terwujud apabila langkah hidup kita dipandu oleh Firman TUHAN.

Sejauh apa Saudara menyerahkan langkah dipandu oleh Firman TUHAN? Apakah Saudara bergaul akrab dengan Firman TUHAN ? Di tengah pelbagai kesibukan dan persoalan hidup ini, ada banyak alasan yang membuat orang percaya tidak punya waktu untuk merenungkan Firman TUHAN, akibatnya semakin banyak orang hidup semaunya sendiri; mengikuti keinginan dan kehendak diri sendiri bukan keinginan dan kehendak TUHAN.

Mari berjuang menjadi anak-anak TUHAN yang hidup menyatakan kebenaran-Nya, dan kebahagiaan pun menjadi milik Saudara, seperti dinyatakan dalam lagu NKB 116: Siapa Yang Berpegang

Siapa yang berpegang pada sabda TUHAN dan setia mematuhinya.
Hidupnya mulia dalam cahya baka bersekutu dengan Tuhan-Nya
Percayalah dan pegang sabda-Nya: hidupmu dalam YESUS sungguh bahagia!

Anak-anak TUHAN akan mampu hidup berkenan  

di hadapan TUHAN 
apabila hidup berpegang pada Firman TUHAN

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for this entry

  • Soegeng Soekianto says:

    Renungannya bagus, menguatkan Iman percaya
    maju terus Suplemengki.com

    salam dari jemaat GKI Sragen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*