suplemenGKI.com

Yeremia 1:4-10; 1Korintus 13:1-13; Lukas 4:21-30

Terkait dengan perampokan yang menimpa Ari S. Hariyanto, warga  Rungkut YKP, RT 9/RW 10 kelurahan Gununganyar pada hari Senin 18 Januari lalu, Jawa Pos menulis demikian:

Seorang anggota Polsek Rungkut yang dianggap lalai dalam menjalankan tugas pengamanan dipindahtugaskan. Selain disemprot Kapolres, anggota itu juga dikotak ke Polres Surabaya Timur. … Dia tidak segera datang ke TKP beberapa saat setelah mendapat telepon dari Suprihatin, pembantu Ari. Padahal, Suprihatin menelepon ke nomor HP anggota Polsek Rungkut sekitar pukul 15.00. tidak berselang lama dengan terjadinya perampokan, pukul 14.00. Namun, karena dia sedang lepas dinas, istilah untuk polisi yang libur, anggota polsek Rungkut itu pun tidak datang ke TKP. “Dia seharusnya bisa berkoordinasi dengan anggota lain yang sedang bertugas di kantor” [kata seorang sumber di Polres Surabaya Timur]. (Jawa Pos, Rabu, 20 Januari 2010, hal. 47:3).

Polisi tersebut tidak menghayati panggilannya sebagai aparat keamanan, sehingga tidak menjalankan kewajibannya.

Sebagaimana Yeremia yang mendapat panggilan Allah sejak sebelum dilahirkan (Yeremia 1:4-10), demikian pula dengan setiap orang percaya. Kita dipanggil Allah untuk hidup dalam kasih, menghidupi kasih Allah serta mewartakannya. Rasul Paulus mengingatkan Jemaat Korintus bahwa hal yang utama dalam kehidupan orang Kristen adalah hidup dalam kasih. Sekalipun kita dapat melakukan berbagai macam hal yang dapat mengundang decak kagum,  namun kalau kita tidak memiliki kasih, semuanya itu sia-sia (1Korintus 13:1-13).

Dalam menghidupi dan mewartakan kasih itu kita dapat mengalami penolakan,  sebagaimana Kristus ditolak (Lukas 4:21-30). Namun penolakan itu seharusnya tidak membuat kita kecewa, putus asa, apalagi berhenti melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai umat Tuhan. Sebab Kristus juga tidak berhenti memenuhi panggilan-Nya itu. Demikian pula dengan Yeremia. Mari kita tetap berjuang untuk melaksanakan tugas dan kewajiban kita sebagai umat Tuhan seperti yang diteladankan Kristus juga.

( Razamu)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*