suplemenGKI.com
JESUS - Gereja Kristen Indonesia Yohanes 20 : 19 -29

Thomas
Ada sementara orang menjuluki Thomas dengan julukan Thomas Si Pembimbang. Ia dijuluki demikian karena ketidakmauanya percaya pada kesaksian teman-temannya bahwa Tuhan Yesus telah bangkit dari mati.

Tepatkah julukan itu di alamatkan pada Thomas ? Bukankah Thomas sebenarnya seorang yang jujur ?. Thomas adalah seorang yang tidak dapat berkata bahwa ia percaya kalau memang sebenarnya ia belum percaya. Thomas tidak akan berkata bahwa ia mengerti kalau memang ia belum mengerti, Ia bukan orang yang gampang berpura-pura.
Tuhan Yesus amat mengasihi Thomas. Tuhan berkenan menjumpai Thomas dan mempersilakan Thomas untuk membuktikan sendiri bahwa Tuhan Yesus benar-benar hidup. Dan begitu Thomas diyakinkan bahwa Tuhan hidup, tanpa ragu Thomas pun mengaku bahwa Tuhan Yesus itu : “Tuhan dan Allahku” Thomas pun mengasihi Tuhan dan taat pada Tuhan dengan melakukan perintah Tuhan. Sejarah mencatat bahwa Thomas memberitakan injil sampai ke India. Bahwa di daratan India bagian selatan ada gereja “ Inarthoma”, gereja itu dipercaya sebagai hasil penginjilan Thomas serta pengikut-pengikutnya.

Melihat atau mendengar
Tuhan Yesus bersabda kepada Thomas: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya” (Yohanes 20 : 29). Kata-kata Tuhan itu adalah semacam pujian yang ditujukan pada orang-orang yang percaya hanya karena mendengar kesaksian saudara-saudara seiman. Alkitab memang menekankan perlunya kita mendengar Firman Tuhan yang diberitakan (Lukas 8:8; 11:28). Rasul Paulus berkata bahwa iman kita itu bertambah karena mendengar Firman Kristus (Roma 10:17). Dan iman hasil mendengar Firman itulah yang memampukan gereja ada dan hidup sampai kini.Dan Iman yang benar itu ditandai dengan kasih kita kepada Tuhan dan ketaatan kita kepada perintah Tuhan. Iman yang benar hasil mendengar Firman itu menimbulkan kepedulian kita terhadap sesama kita dan lingkungan kita yang mendorong kita untuk berbuat menjadi berkat. Amin

( Siramput )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«