suplemenGKI.com

Sabtu, 6 Juni 2009
MENDENGAR NAMUN TIDAK MENGERTI
Yohanes 3:7-12

Pengajaran tentang kelahiran kembali sebenarnya juga ada dalam kitab para nabi. Misalnya Yehezkiel berulangkali berbicara tentang hati baru yang harus diciptakan dalam diri manusia. ( Yeh 18:31; 36:26 ). Jadi mestinya pengajaran ini bukan hal baru bagi Nikodemus.

Ayat 7-10 : Menurut Saudara, apakah Nikodemus mengerti pengajaran TUHANYESUS
tentang kelahiran kembali?
Ayat 11-13: Mengapa Nikodemus tidak percaya kepada TUHAN YESUS?

Renungan
Nikodemus adalah seorang ahli kitab yang mestinya mengerti ajaran tentang kelahiran kembali, namun kenyataannya Nikodemus salah mengerti pengajaran TUHAN YESUS. Kesalahmengertian bisa terjadi karena pertama, orang belum mencapai tingkat pengetahuan serta tingkat pengalaman yang membuatnya dapat menangkap kebenaran. Kedua, dia sengaja menutup pikirannya bagi kebenaran yang tidak ingin ia terima. Kalau orang tidak ingin diubah, ia dengan sengaja menutup pikiran dan hatinya terhadap kuasa yang bisa mengubah dia.
Nikodemus berusaha terus untuk mempertahankan diri. Karena itulah TUHAN YESUS berkata: “Engkau dapat mendengar, melihat dan merasakan angin tetapi engkau tidak mengetahui darimana ia datang dan kemana ia pergi. Engkau mungkin tidak mengerti bagaimana dan mengapa angin bertiup tetapi engkau dapat mengetahui apa yang terjadi dan dilakukan oleh angin itu. Roh adalah seperti angin. Engkau mungkin tidak tahu bagaimana Roh bekerja tetapi engkau dapat melihat akibat kerja Roh itu di dalam hidup manusia.”
TUHAN YESUS meyakinkan bahwa yang dibicarakan ini bukan hal-hal teoritis, namun hal-hal yang bisa dilihat. Orang-orang yang telah dilahirkan kembali oleh kuasa roh itu dapat dilihat. Kehidupan Kristen bisa dilihat. Tidak ada seorangpun yang dapat mengabaikan iman yang mampu mengubah orang jahat menjadi orang baik.
Tanggapan TUHAN YESUS terhadap ketidakmengertian Nikodemus tersebut menunjukkan bahwa kemampuan intelektual tidak cukup untuk mengerti kehendak TUHAN. Ajaran Kekristenan bukan hanya untuk didiskusikan tapi harus dihayati dengan keterbukaan hati.
Apakah selama ini Saudara sulit mengerti ajaran-ajaran Kekristenan atau memiliki banyak pengetahuan tentang ajaran kekristenan tapi tidak membuat hidup Saudara berubah lebih baik? Bukalah hati untuk kuasa TUHAN bekerja. Jangan hanya dengar dan mengerti Firman TUHAN tapi juga buka hati untuk menghayati dan meresapinya. Akhiri renungan hari ini dengan menyanyi NKB 117
Bersabdalah TUHAN-ku tetap di relung hatiku;
Nyatakanlah maksud-Mu, memandu seg’nap langkahku

Firman-Mu ya TUHAN-ku, setiap saat ku perlu
Dan jadilah suluhku, sehingga hatiku teguh.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*