suplemenGKI.com

Markus 13:24-32

Pohon ara adalah pohon buah yang sudah umum di seluruh Israel, khususnya di dekat Yerusalem. Dengan daun-daunnya yang hijau besar akan memberikan tempat berteduh yang baik selama musim panas. Tidak seperti pohon-pohon lain, daun pohon ara akan gugur pada waktu mendekati musim dingin.

Tuhan Yesus memakai fakta tersebut di atas langsung kepada murid-muridNya agar mereka dapat melihat tanda-tanda zaman dan bertahan serta tetap setia sampai pada akhirnya. Pohon ara yang bertunas adalah merupakan gambaran penebusan yang terbukti pada waktu datangnya Kerajaan Allah. Meskipun Injil Matius dan Markus mengatakan malapetaka seperti kelaparan dan gempa bumi “adalah permulaan penderitaan” (Mat 24:8, Mrk 1:8), tetapi Injil Lukas menyatakan bahwa kedatanganNya yang kedua kali adalah merupakan pengharapan yang penuh sukacita, “…penyelamatanmu sudah dekat” (Luk 21:28).

Perumpamaan ini menyatakan bahwa tidak ada angkatan yang bebas dari malapetaka sampai pada hari kedatangan Kristus kembali. Tetapi sebagai orang percaya, kita tidak boleh cemas dan berkecil hati. Seharusnya kita dapat mencermati tanda-tanda zaman dengan teliti, sama seperti melihat pohon ara yang bertunas, dan mengetahui kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar kita. Perumpamaan ini mendorong kita sebagai orang-orang percaya untuk tetap waspada. Kesengsaraan yang kita hadapi jangan sampai mengurangi kesabaran dan meruntuhkan kepercayaan kita. Malahan harus meneguhkan pengharapan kita akan hari terakhir yang sudah dekat, yang penuh kemuliaan, di mana kesengsaraan merupakan pertanda.

Dalam masa penantian ini, kiranya kita senantiasa mengingat janji ALLAH bahwa DIA akan melakukan perkara-perkara besar bagi mereka yang menantikan DIA (Yesaya 64:4). IA dapat turun tangan dalam peristiwa-peristiwa sejarah umat manusia sehingga menyebabkan orang melakukan kehendakNYA. Sebagai orang percaya, kita harus memandang kepadaNYA dan bertekun dalam pengharapan, kepercayaan, dan kesabaran.

(  PETA )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*