suplemenGKI.com

Senin, 15 Desember 2014

Roma 16:25-27

Pengantar

Allah adalah misteri. Kalimat ini adalah kalimat yang singkat tetapi mengandung berbagai makna. Kalimat ini hendak menegaskan bahwa dalam hidup kita, seringkali ada berbagai peristiwa yang tidak bisa kita pahami. Ada berbagai peristiwa yang membuat kita bertanya-tanya mengenai maksud Tuhan terkait peristiwa tersebut. Kehadiran Yohanes Pembaptis menimbulkan pertanyaan bagi orang Israel mengenai Allah “benarkah Allah telah mengirimkan Mesias dalam diri Yohanes Pembaptis?” Pada akhirnya kita mengetahui bahwa Yohanes Pembaptis bukanlah Mesias tersebut. Melalui bacaan hari ini, kita akan menggali misteri Allah dalam kacamata Rasul Paulus.

Pemahaman

  • Apakah yang dimaksudkan Paulus pada ayat 25 mengenai “….sesuai pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya?”
  • Mengapa rahasia yang telah dinyatakan tersebut dapat membimbing segala bangsa kepada ketaatan iman? (ayat 26)

Pada bagian ini, Paulus hendak mengingatkan adanya suatu pernyataan rahasia yang didiamkan berabad-abad lamanya dan rahasia itu adalah kedatangan Yesus Kristus (dalam hal ini kelahiran, kematian, dan kebangkitan-Nya). Selama kedatangan Yesus Kristus belum terjadi, bangsa-bangsa kena murka Allah karena mereka berkanjang dalam dosa. Kini setelah kedatangan Kristus, mereka memperoleh keselamatan. Akan tetapi keselamatan itu bukan sekedar fakta objektif yang cukup didengar saja. Bangsa-bangsa harus meninggalkan ilah-ilahnya dan menyembah Allah yang Esa. Mereka harus mencari tahu kehendak-Nya serta berupaya mengikuti kehendak itu.

Di Minggu Adven ini, kita diingatkan kembali bahwa rahasia Allah telah dibukakan kepada kita yaitu Yesus Kristus lahir, mati, dan bangkit untuk penebusan dosa kita. Rahasia itu menandakan bahwa karya keselamatan Allah digenapi dalam diri Yesus Kristus. Akan tetapi, mengetahui rahasia Allah saja tidak cukup. Kita diminta untuk menanggapi rahasia Allah tersebut. Bagaimana cara menanggapinya? Menyembah hanya kepada Allah yang Esa dengan cara mengikuti apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam kehidupan kita.

Refleksi

Pandanglah Salib Kristus, renungkanlah kehadiran Kristus dan karya-Nya di tengah dunia. Apa yang akan kita lakukan untuk menanggapi kehadiran Kristus di dunia?

Tekadku

Ya Allah, ajarlah aku untuk mau mengikuti bimbingan rahasia Allah dalam diri Yesus Kristus hari lepas hari agar aku dapat memahami indahnya rahasia Allah dalam hidupku.

Tindakanku

Aku akan mencoba melakukan 1 kehendak Tuhan yang belum bisa kulakukan dalam kehidupanku untuk memahami rahasia Allah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»