suplemenGKI.com
Majalah Berkat

Majalah diibaratkan jendela dunia, dari situ kita bisa menatap cakrawala pandang yang lebih luas.

Untuk itu dibutuhkan sikap arif melihat apa yang terjadi di luar komunitas kita, sikap bijaksana untuk memilah dan memilih apa yang menjadi kebutuhan kita. Menyikapi perubahan teknologi inforrmasi dan komunikasi yang begitu cepat, kita membutuhkan “world view” yang bertolak dari Firman Allah. Menyambut HUT ke 30 Yayasan Penerbitan Berkat (YPB), perlu dijabarkan Visi & Misi yang sudah disahkan Pengurus YPB sbb:

VISI:

1.       Mengkomunikasikan Amanat Agung Kristus kepada semua orang agar mereka percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat dunia. (Matius 28:19-20, Yohanes: 6)

2.       Mewujudnyatakan doa Tuhan Yesus, agar umat-Nya menjadi satu (Yohanes 17:21); dengan kepelbagaian karunia dan talenta (Roma 12: 6-8;1 Korintus 12: 4-11).

3.       Memberikan bacaan yang bermanfaat bagi jemaat untuk berakar-bertumbuh-berbuah dan dewasa dalam imannya. (Kolose 1:9-10, 2:7; 1 Petrus 2:2, 2 Timotius 3:16)

 

MISI:

  1. Merealisasikan visi tersebut dengan penerbitan majalah berwarna (full colour) secara berkala disesuaikan dengan kondisi keuangan YPB.
  2. Menjalin komunikasi antar gereja, sesama anggota gereja, lembaga atau yayasan-yayasan persekutuan-pelayanan-kesaksian dan badan-badan ekumenis yang ada. Meningkatkan kerjasama antar gereja dan anggota gereja dalam lingkup GKI dengan gereja-gereja di Indonesia.
  1. Merencanakan dan menerbitkan majalah yang membuka spektrum yang luas bagi hamba Tuhan; pemimpin gereja dan anggota gereja. Memberikan informasi yang seluas­-luasnya tentang kehidupan kekristenan dan dampaknya bagi pembangunan bangsa dan manusia paripurna.

 

Sifat majalah Berkat adalah memenuhi kebutuhan jemaat ar tahu, bukan menentukan mana yang perlu. Karena itu Berkat mempunyai prinsip penyajian yang terbuka bagi semua lapisan pembaca yang heterogen. Berkat tidak memberikan indoktrinasi, tetapi informasi. Pembacalah yang menentukan hal­-hal positif yang dapat diperolehnya.

Berteologi bukan monopoli para teolog, karena sebenamya setiap orang Kristen sudah berteologi manakala ia mewujudkan apa yang ia imani. Wawasan teologia majalah Berkat bersifat mengenal, memberi wawasan kemajemukan dalam berteologia dalam kerangka semangat ekumenis. Bersifat analisis dengan memotivasi anggota jemaat untuk berteologia. Bersifat implementasi sehingga pembaca dapat mengaktualisasikan pemahaman teologianya.

Para penulis yang berbeda latar belakang dengan kepelbagaian sudut pandang (mufti perspective) akan memperkaya wawasan kita. Di sinilah Berkat sebagai lahan pelatihan para penulis yang heterogen, karena penulis tidak dilahirkan tetapi dilatih. “A writter is not born, but trained” YPB telah dihadirkan oleh GKI menjadi yayasan yang independen. Mari kita terus kembangkan majalah ini bukan sebagai majalah yang eksklusif. Menjadi berkat bagi orang lain dalam konteks saling belajar dan memahami. Di situlah kita menjadi terbuka dan dewasa dalam berteologi. Kontroversi adalah pembelajaran kita mengenal orang lain sebagai kemajemukan yang ada. Mari kita simak ujaran Agustinus: In essential – unity; In non essentialliberty; In althings-charity.

Selamat HUT ke 30 YP Berkat tanggal 29 Nopember 2004, Imanuel.

         

Willy Purwosuwito, M.A.

 

NB :

Berarti tanggal 29 Nopember 2009 yad adalah HUT YPB yang ke 35 th bukan? Jangan tanya apa yang YPB c.q. Majalah Berkat bisa memberikan kepada gereja, cobalah bertanya apa yang GKI lingkup sinwil Jatim, khususnya 5 gereja pendiri bisa memberikankan kepada YPB yg sudah eksis selama ini. Semoga.

             

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

5 Comments for this entry

  • indra prasetyo says:

    Mari kita jalin kebersamaan untuk menumbuh-kembangkan “ASET BERSAMA di bidang INFOKOM Kristiani ini, Yayasan Penerbitan BERKAT”, yang sudah hadir selama 35 tahun dan akan terus mewartakan Pesan Kristus,dalam spektrum yang lebih luas dari sekedar identitas GKI, bagi masyarakat dan bangsa ini.

    Mari kita satukan dan arahkan hati dalam kebaktian Syukur 35 tahun, pd 3 Desember 2009 di GKI Sulung. GBU all

  • willy ps says:

    Kawan, ini adalah wadah dari kita-untuk kita. Dari usia balita manja, remaja-pemuda, dewasa sampai usia senja. Ini milik kita yg sudah dirintis 21 th lalu. Walau dari pelbagai budaya & latar belakang berbeda, kita kan ANAK satu BAPA. Walau dari pelbagai denominasi dengan beda cara, kta kan ANAK satu RAJA. Mari kita saling mengenal melalui majalah Berkat, karena dengan begitu kita bisa saling mengasihi.
    Tugas kita masih banyak, sebagai ANAK BANGSA. Kita harus wujud nyatakan kasih itu kpd sesama. Menjadi berkat bagi bangsa. Kej 12:2-3, Mat 28:19-20, 1 Pet 2:9.
    Ambil majalah Berkat, bacalah. Anda diberkati? Jadikan berkat, berikan itu kepada sahabat Anda, berdoalah agar merekapun diberkati.

  • indra prasetyo says:

    Puji Tuhan….,
    Kebaktian Syukur HUT 35 thn, Yayasan Penerbitan Berkat sudah terlaksana. Kebaktian ini di-kemas dalam suasana reuni para mantan pengurus, aktivis, pemerhati dan pembaca dalam 3 dasawarsa. Hadir pula para utusan dan jemaat lintas GKI serta para undangan lainnya. Momen kebersamaan tercipta. GKI Sulung sebagai tuan rumah dan Pdt. Natanael Channing, M.Div sebagai pelayan firman, GKI Emaus menyampaikan pujian melalui paduan suara “Gloria”, Para kaum muda GKI Pregolan Bunder sebagai team musik, utusan GKI Diponegoro sebagai penyaji “Kaleodoskop” YPB. Sekitar 200 orang jemaat lintas GKI dan undangan sebagai saksi HUT 35 thn ini. Sungguh ini Kebaktian malam itu, sebagai simbol dari satu tubuh Kristus dalam pelayanan bersama. Forum sharing disampaikan oleh beberapa aktivis GKI: Bp. Takim Andriono, Bp. Budiman Christananta, Bp. Januar Heryanto, Bp. Harry Tanudjaja dan Bp. Eddy Gunawan Santoso, calon independen “Walikota Surabaya”
    Pada momen ini,pengurus YPB melontarkan wacana penerbitan “Media Berkat Business Directory”, suatu media komunikasi bisnis dan profesi jemaat GKI. SOLI DEO GLORIA

  • john s says:

    Bolehkah saya mengetahui email Majalah Berkat? Saya ingin mengirim tulisan untuk Majalah tsb.
    Terimakasih. GBU.

  • willy ps says:

    Email majalah BERKAT: berkat1988@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*