suplemenGKI.com

Ibrani 13:1-8; 15-16

Menurut kisah Odyssey yang ditulis oleh Homer, ketika raja Odysseus berangkat untuk bertempur diperang Troyan, ia menitipkan Telemachus, putranya dalam asuhan seorang tua bijak bernama Mentor. Mentor diberi tanggungjawab untuk mengajarkan kebijaksanaan kepada anak muda itu.

Lebih dari 2000 tahun sesudah Homer, seorang ahli teologi berkebangsaan Perancis yang bernama Francois Fenelon menyadur kisah tentang Telemachus itu kedalam sebuah novel yang berjudul Telemaque. Dalam novel itu, sang pengarang menonjolkan tokoh Mentor. Lambat laun istilah mentor diartikan sebagai “guru yang bijaksana dan bertanggungjawab”. Mentor adalah orang yang berpengalaman yang tugasnya memberi nasihat, membimbing, mengajar, menegur, memberi koreksi, memberi semangat,  inspirasi dan dapat menjadi teladan.

Ketika kita berbicara tentang melayani Tuhan dan menjadi seorang pelayan berarti kita sebenarnya sedang menjadi mentor bagi orang yang  kita layani. Artinya kita menjadi orang yang dapat memberi nasihat, membimbing, mengajar, menegur, memberi koreksi, memberi semangat, inspirasi dan yang terpenting kita harus bisa menjadi TELADAN bagi orang yang kita layani.

Bagaimana hidup yang melayani dan memberi teladan? Satu-satunya rahasianya adalah menjaga kehidupan kita tetap selaras, sejalan dengan kebenaran Firman Tuhan.

Jangan sampai! Kita bisa memberi nasihat, membimbing, mengajar, menegur, memberi koreksi terhadap orang lain namun hidup kita justru menjadi batu sandungan bagi orang lain dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

MELAYANI TUHAN BERARTI MENJADI MENTOR BAGI ORANG LAIN.  JADILAH MENTOR YANG MENJAGA KEHIDUPAN, SEHINGGA KITA MENJADI MENTOR YANG BISA MENJADI TELADAN.

(YTP

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*