suplemenGKI.com

Kedatangan Yohanes Pembaptis merupakan penggenapan dari apa yang pernah tertulis dalam Yesaya pasal 40. Hal ini sekaligus ingin menunjukkan kepada kita bahwa kedatangan Mesias itu sudah sejak lama dinubuatkan dalam kitab Suci dan kini sudah tergenapi.

  1. Ayat 1-4: Siapa Yohanes Pembaptis dan apa yang menjadi tugasnya? Apa inti pemberitaan yang dilakukan Yohanes Pembaptis?
  2. Ayat 5: Perubahan apa yang terjadi pada orang-orang di daerah Yudea setelah mereka mendengar seruan Yohanes Pembaptis?
  3. Ayat 4 dan 7-8: Apa hubungan antara isi pemberitaan Yohanes Pembaptis dengan peristiwa kedatangan Yesus itu sendiri?
  4. Bagaimana pula dengan kedatangan Yesus dalam hidup Anda? Perubahan seperti apa yang Anda alami setelah Anda menyambutNya masuk dalam hidup Anda?

 

 

 

 

Renungan

 

 

Sebelum Mesias datang, Allah terlebih dahulu mempersiapkan kedatanganNya dengan mengutus Yohanes Pembaptis.  Ia adalah nabi yang mendapat tugas untuk memberitakan mengenai kedatanganNya dengan seruan, “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis, dan Allah akan mengampuni dosamu.”  Seruan ini menyatakan bahwa kedatangan Kristus membawa perubahan dalam kehidupan di dunia ini, dan itu ditunjukkan dengan pertobatan mereka yang percaya pada kedatangan Mesias itu. Dan Yohanes menyadari bahwa ia hanyalah utusan untuk mempersiapkan kedatangan Mesias, sehingga ia berkata, “Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa daripadaku…Aku akan membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.”  Tindakan pembaptisan yang dilakukan Yohanes hanyalah tindakan simbolik pertobatan, tetapi Kristus itu sendiri yang akan melahirbarukan mereka di dalam kuasa Roh Kudus sehingga mereka bukan lagi menjadi milik Iblis dengan cengkraman dosa dan hukumannya, melainkan sepenuhnya menjadi milik Allah dan ada dalam pengampunan Allah.  Sejak awal Allah sudah menyatakan bahwa Mesias itu datang membawa perubahan dan pemulihan.  Pemulihan yang bersifat menyeluruh dalam  hidup manusia, baik di kehidupan sekarang maupun kehidupan yang akan datang, baik tubuh maupun jiwa.  Sebuah pemulihan yang membuktikan bahwa hanya Tuhanlah Allah penguasa hidup kita, dan memang hanya Allah saja yang sanggup mengadakan pemulihan yang demikian.  Demikian pula dengan kita, kedatangan Kristus dalam hidup kita pun membawa perubahan karena adanya pemulihan demi pemulihan yang Ia kerjakan. Setiap orang yang menerimaNya masuk dalam hati akan mengalami perubahan, dan perubahan yang paling awal itu adalah kelepasan kita dari perbudakan dosa dan hukumannya, dan keterikatan kita dengan kasih Allah yang terus menerus.  Bagaimana dengan Anda? Sudahkah perubahan ini menjadi bagian dalam hidup Anda?

 

Kedatangan Kristus dalam hidup Anda membuat hidup Anda tidak pernah sama lagi dengan yang dulu

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*