suplemenGKI.com

Matius 4 : 1-11

Dick Innes dalam salah satu bukunya pernah berkata bahwa pencobaan selalu dimulai dari pikiran. Sesuatu memicu sebuah pemikiran dalam benak kita dan kita terus memikirkannya. Semakin memikirkannya, semakin kita menginginkannya, semakin dalam emosi kita terkait padanya; dan semakin kita merasakannya, hal tersebut semakin berkembang melewati batas. Akhirnya kita akan bertindak berdasarkan pikiran dan perasaan kita dan menyerah pada pencobaan.

Ini yang terjadi pada Adam dan Hawa. Betapa menggiurkannya tawaran setan untuk memakan buah dari pohon yang dilarang oleh Allah. Mereka berambisi menjadi seperti Allah. Semakin memikirkan, semakin menginginkannya. Semakin menginginkan, semakin merasakannya sampai akhirnya mereka bertindak melawan perintah Allah. Manusia jatuh dan kalah dalam pencobaan. Manusia pertama jatuh di dalam dosa, mengalami kematian rohani dan jasmani.

Adam I kalah dalam pencobaan karena tidak taat, tetapi Adam II yaitu Yesus Kristus menang atas pencobaan karena ketaatan Nya. Pencobaan apa saja yang dialami oleh Kristus yang kita juga sering kali mengalaminya?

§ Iblis mencobai kita untuk meragukan Firman Tuhan/ Janji Tuhan. Iblis ingin kita tidak lagi mempercayakan diri kepada Tuhan.

§ Iblis mencobai kita agar tidak taat dan tidak berada pada rencana dan kehendak Tuhan.

§ Iblis ingin kita mencobai Tuhan dengan cara mengabaikan sarana yang Tuhan sudah letakkan dalam tangan kita.

§ Iblis ingin kita mencapai tujuan/ keinginan kita dengan cara apapun juga, dengan cara melawan Tuhan sekalipun.

Bagaimana Yesus menang atas semua pencobaan? Hanya dengan Firman Tuhan.

Saudara sedang mengalami berbagai macam pencobaan?. Satu hal yang perlu saudara lakukan adalah tetap berpegang dan taat pada Firman Tuhan. Jangan goyah dan jangan mencari pertolongan di luar Tuhan. Percayalah, saudara akan kuat menghadapi pencobaan bahkan menuai kemenangan bersama dengan Kristus.
Oleh : AK.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*