Senin, 8 Juni 2009Ulangan 4:1-9             : ”Kiat Hidup Berlimpah Berkat”Di zaman sesulit dan sekrisis saat ini, tentu tak ada seorangpun yang mengharapkan hidupnya limbung. Sebagai orang Kristen, kitapun pasti mendambakan “hidup aman” terutama dalam menghadapi masa-masa krisis dan sulit seperti sekarang ini. Meski kita telah menjadi orang Kristen selama bertahun-tahun, pada faktanya kita tidak lantas bisa menerima secara otomatis kehidupan yang lancar dan berkemenangan di dunia. Namun, kita memiliki ALLAH yang hidup dan amat berkuasa, sehingga kita masih memiliki pengharapan untuk hidup dengan benar.  Alkitab mencatat hal-hal penting yang harus menjadi perhatian orang-orang percaya jika ingin memperoleh hidup yang benar, seperti diperintahkan ALLAH pada umat Israel (Ulangan 4:1).          

  • Ayat 1 : Apa pengertian “hidup” di ayat 1 ini menurut konteks saat itu dan apa relevansi kata “hidup” ini pada hidup kita?
  • Ayat 2-6 : Apa ketetapan dan peraturan yang harus dilakukan oleh bangsa Israel untuk dapat memperoleh “hidup”?
  • Ayat 7-9: Selain agar umat Israel dapat “hidup”, untuk kepentingan apa lagikah umat Israel harus memenuhi ketetapan dan peraturan ALLAH?

Renungan:            ”Hidup” yang dimaksud dalam Ulangan 4:1 bukanlah dalam artian bahwa jika umat Israel tidak mematuhi ketetapan dan peraturan ALLAH akan mati secara fisik/jasmani. Ayat tersebut lebih berbicara mengenai sebuah janji berupa berkat dan kelangsungan hidup yang penuh penyertaan ALLAH manakala umatNya mau menjalani ketetapan dan peraturan ALLAH dengan setia dan dengan segenap hati. Perintah dan ketetapan ALLAH yang tertuang dalam ayat 2-9 memberikan arahan bagi bangsa Israel dan juga bagi kita. Melalui ketetapan itu kita diajak dan diajar untuk selalu:

  • Berfokus penuh pada Firman ALLAH dalam rangka membentuk kualitas hidup yang berintergritas— yaitu hidup yang memiliki kesesuaian antara pengertian terhadap Firman TUHAN dan mempraktekkan apa yang dimengerti melalui Firman TUHAN tersebut  (ayat 2)
  • Berfokus penuh dalam iman kepada  ALLAH sehingga kita menjadi umat yang hanya mempercayakan segala pergumulan yang kita hadapi kepadaNya. Bangsa Israel seringkali dihadapkan pada ”tawaran” untuk mempercayai baal/allah lain saat mereka menghadapi berbagai pergumulan hidup. Tapi ALLAH mengingatkan bahwa hanya ALLAH satu-satunya sumber segala solusi dalam kehidupan (ayat 2-6)
  • Berfokus penuh pada rencana ALLAH dalam hidup kita. Umat Israel dipanggil untuk menjadi umat yang khusus. Dengan hidup seturut dengan ketetapanNya, mereka tidak saja akan memiliki berkat khusus tetapi mereka juga diharapkan agar bisa menjadi penggenap rencana ALLAH bagi bangsa-bangsa lain untuk datang dan menyembah ALLAH.

Mari kita mengarahkan fokus hidup kita pada ketetapan dan peraturanNya agar kita dapat menghadapi hidup dengan penuh berkat dan penyertaanNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«