suplemenGKI.com

(Lukas 16:19-31)

Perikop Lukas 16:19-31 ini merupakan sebuah perumpamaan Tuhan Yesus yang kaya akan makna, sehingga sangat penting untuk kita pahami dengan baik. Perumpamaan ini tidak sekedar mendorong kita untuk peduli terhadap para pengemis, memperhatikan orang miskin, berbagi dengan orang yang membutuhkan saja seperti yang sering dipahami secara umum, namun lebih dalam perumpamaan ini hendak mengajarkan kepada setiap orang percaya, keluarga kristen, gereja untuk dapat menghadirkan Kerajaan Allah secara nyata dalam kehidupan saat ini di manapun orang percaya, keluarga kristen dan gereja berada.
Apa sebenarnya Kerajaan Allah itu? Di satu sisi berbicara tentang kehidupan kekal yang penuh kedamaian, sukacita dan ucapan syukur di mana tidak ada lagi segala sesuatu yang bersifat duniawi melainkan suanana Surgawi tersaji kepada setiap orang percaya itulah suasana surga yang juga dikenal dengan istilah Paradiso yaitu tempat kebahagiaan yang hanya dinikmati oleh mereka yang percaya dan diselamatkan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Tetapi jangan lupa Kerajaan Allah atau Paradiso adalah juga berbicara masa kekinian di mana keberadaan orang percaya, keluarga kristen dan gereja menjadi wujud nyata kehadiran Kerajaan Allah di saat ini dan di konteks orang percaya, keluarga kristen dan gereja berada.
Perwujudan suasana surgawi atau kerajaan Allah saat ini dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu berbagi kenikmatan, kebahagiaan dan kasih dalam bentuk kepeduliaan, perhatian dan uluran tangan kepada sesama yang membutuhkan melalui hartanya. Yang diberkati Tuhan dengan harta lebih seharusnya tidak hanya menikmati sendiri harta yang adalah berkat Tuhan itu, melainkan apa yang dinikmatinya itu juga bisa dinikmati oleh orang lain yang membutuhkan, saat itulah suasana Surgawi itu terjadi dalam hidup sesama yang membutuhkan dalam bentuk kepeduliaan kita. Rasul Paulus dalam 1Timotius 6:17-19, memberikan suatu pemahaman bahwa ketika orang yang diberkati mempedulikan orang lain yang membutuhkan dengan kekayaan yang adalah berkat Tuhan, itu berarti dia memberi nilai yang baik melalui hidup dan berkat Tuhan yang ada padanya sehingga memungkinkan orang lain merasakan kebaikan Tuhan seperti dia sendiri rasakan. Itulah yang di namakan mencapai kehidupan yang sebenarnya, yaitu kehidupan yang berbagi kenikmatan, kebahagiaan dan kasih dalam bentuk kepeduliaan dengan sesama. Dalam momen bulan keluarga ini mari kita yang telah Tuhan percayakan berkat lebih, kita menghadirkan suasana Surga atau Kerajaan Allah kepada sesama dengan berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Tuhan memberkati.
( aNdA)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*