suplemenGKI.com

Rendah hati berarti : Tidak segan-segan/ tidak malu-malu datang kepada Tuhan Yesus untuk memohon serta meminta pertolongan seperti yang dilakukan perempuan Siro Fenisia. Meskipun tampaknya ditolak tetapi perempuan ini terus berada di dekat Tuhan Yesus sampai pertolongan itu diberikan. Demikian pula, dengan tidak ragu-ragu orang-orang membawa seorang yang tuli dan gagap, mohon agar Tuhan Yesus menumpangkan tangan kepadanya. Kesungguhan dalam memohon kepada Tuhan Yesus menunjukkan kerendahan hati mereka yang sangat membutuhkan Tuhan Yesus. Dan ini mendatangkan mujizat (Markus 7:24-37).

Rendah hati berarti : Tidak memandang muka (Yakobus 2: 1-10). Di dalam mengamalkan iman janganlah pilih-pilih orang. Janganlah sikap dan kebaikan kita didasarkan pada tingkat ekonomi, kekayaan, penampilan, pendidikan ataupun pangkat dan jabatan seseorang. Hati-hati, memandang muka adalah jahat di mata Tuhan dan itu diperhitungkan sebagai dosa dan pelanggaran (ayat 9). Sesungguhnya Allahpun tidak membedakan orang, jadi selayaknya semua orang berhak mendapat perlakuan terbaik dari kita, tanpa memandang muka.

Rendah hati berarti : Peduli kepada orang lain yang kekurangan. Ketidakpedulian kepada sesama sama dengan kesombongan pribadi. Kepedulian tersebut seharusnya direalisasikan dalam perbuatan. Jika seorang mengaku percaya tetapi tidak pernah berbuat sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan sama seperti seorang pembohong besar. Iman tanpa perbuatan adalah mati, tidak berguna (Yakobus 2: 14-17).

Rendah hati berarti : Hanya percaya bahwa Tuhan adalah satu-satunya penolong. Tidak mengandalkan kekuatan diri sendiri ataupun orang lain, melainkan selalu bersandar dan menaruh harapannya hanya pada Tuhan yang sanggup memelihara hidup dan membebaskan kita dari setiap persoalan (Mazmur 146:1-10, Yesaya 35: 4-7). Amin.

ALLAH MENENTANG ORANG YANG CONGKAK,
TETAPI MENGASIHANI ORANG YANG RENDAH HATI
(YAKOBUS 4:6b)

— AK —

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*