suplemenGKI.com

Lagu klasik karya John Newton “Amazing Grace ( Sungguh Besar Anugerah-Nya )” merupakan salah satu lagu rohani yang sangat populer dan digemari di dunia.Pernahkah anda merasakan anugerah Allah yang besar dalam hidup seperti yang dialami oleh John Newton?
Berbicara tentang anugerah, Alkitab menyatakan ada dua jenis anugerah Allah kepada manusia.Pertama yaitu anugerah yang berhubungan dengan pemberian berkat-berkat yang diberikan Allah demi kesinambungan hidup manusia secara jasmani. Tuhan bahkan memberikan tempat khusus bagi manusia sebagai makluk ciptaanNya dengan memberikan otoritas dan peran khusus baginya (Mazmur 8:4-7). Manusia dikaruniai hak untuk berkuasa atas semua ciptaanNya yang lain (Mazmur 8:8-9). Anugerah Allah yang kedua adalah anugerah Allah secara rohani yaitu pemberian yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat rohani. Paulus dengan jelas berkata bahwa kita mendapatkan berbagai karunia rohani di dalam Yesus Kristus, Epesus 1:3. Berkat-berkat rohani yang dimaksud adalah: Doa (Yohanes 16:15); Persekutuan dengan Allah (1 Yohanes 1:5-7); Pengharapan (Efesus 2:12) ; Mahkota kehidupan (Wahyu 2:10) dan Keselamatan (Efesus 2:8). Anugerah ini menyatakan perbuatan Allah yang menebus, menguduskan, dan memuliakan umatNya. Kebenaran tentang anugerah khusus ini menjelaskan tentang rancangan kekal serta tindakan Tuhan menyelamatkan manusia berdosa melalui Yesus Kristus (Efesus 1:4-14). Yang termasuk dalam anugerah ini ialah menerangi pikiran kita untuk memahami Injil, menginsyafkan hati kita mengenai perlunya percaya, dan meyakinkan kehendak kita untuk menerimaNya.
Rencana Allah adalah agar kita semua bertumbuh sempurna. Pertumbuhan itu merupakan suatu proses (Ibrani 6:1)- mulai dari bayi, tumbuh menjadi anak dan terus berkembang sampai dewasa. Kehidupan rohani sejatinya juga harus bertumbuh –bertumbuh ke arah Kristus sebagai Teladan Agung dan menjadi serupa dengan Nya dan menjadi dewasa di dalam iman kepada Tuhan Yesus Kristus.
Komunitas berperan sangat penting dalam pertumbuhan iman dan kedewasaan hidup rohani kita. Tidak ada orang percaya yang bisa bertumbuh sendirian . Hidup dalam komunitas yang sehat dan mendukung bisa menolong kita untuk bertumbuh. Sebaliknya komunitas yang tidak sehat dan tidak mendukung akan menjadi penghambat dalam pertumbuhan iman kita. Keluarga adalah komunitas yang utama dalam pertumbuhan dan kedewasaan hidup rohani. Keluarga Kristen merupakan miniatur keluarga Allah di dalam kekekalan. Karena itu keberhasilan kita membangun keluarga Kristen yang benar sebenarnya merupakan kesaksian akan keluarga Allah. Jika kita gagal membangun keluarga kita, maka sebagai anak-anak Allah, kita juga gagal menunjukkan keindahan keluarga Allah.
Kita mengerti bahwa keluarga menjadi sasaran pekerjaan iblis dalam merusak kerajaan Allah. Itulah sebabnya, di dalam anugerah Allah kita harus melakukan yang terbaik dalam membangun keluarga yang berkenan kepadaNya – keluarga yang berakar, kertumbuh dan berbuah di dalam Dia.

Apa yang dapat kita lakukan untuk mengupayakan agar keluarga kita benar-benar bertumbuh dalam anugerah Allah?

1) Yang pertama menjadikan keluarga sebagai gereja kecil
• Menciptakan nuansa fisik yang relegius di rumah
• Mengusahakan ibadah keluarga yang teratur
• Ada keteladanan yang positif dari orang tua
2) Orang tua selalu menumbuhkan komitmen bertumbuh dalam Yesus melalui tiga hal
• Memiliki komitmen yang kuat untuk melepas cara-cara lama dalam bertindak (keinginan daging]
• Memperbaharui pikiran, sejalan dengan pembaharuan manusia batiniah kita.
• Mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baru dalam kebenaran dan hidup kudus (hidup menurut Roh).

3) Masing-masing komponen keluarga (bapa, ibu dan anak) menerapkan G.R.O.W.T.H agar keluarga terus bertumbuh dalam anugerah Allah..
• G–> Go to God in daily prayer – Menghadap Allah dalam doa setiap hari (Yohanes 15:7)
• R–> Read God’s Word daily – Membaca Firman Allah setiap hari (Kis. 7:11).
• O–> Obey God moment by moment – Mentaati Allah setiap saat (Yohanes 15:8).
• W–> Witness for Christ by our lives and words – Memberi kesaksian tentang Kristus lewat kehidupan serta ucapan kita (Matius 4:19; Yohanes 15:6).
• T –> Trust God every detail of our lives – Mempercayakan setiap detail kehidupan kita kepada Allah (1 Petrus 5:7).
• H –> Holy Spirit: Allow him to control and empower our daily lives and witnesses -Membiarkan Roh Kudus mengendalikan serta memberdayakan kehidupan serta kesaksian kita sehari-hari (Galatia 5:16,17: Kis. 1:8).
Pertumbuhan rohani kerap kali terjadi bukan pada saat lancar dan “baik-baik saja” melainkan pada saat sulit dan banyak tantangan. Hari ini Tuhan memanggil kita untuk masuk dalam dimensi pertumbuhan rohani. Sebuah dinamika rohani yang tidak berhenti di masa lalu tentang betapa hebatnya jasa kita atau tentang betapa hebatnya kebaikan Tuhan, tetapi sebuah keputusan hari ini: Kita mau berjalan bersama dengan Tuhan. Sebuah pengalaman pribadi yang mengajak diri sendiri untuk menghargai anugerah Tuhan yang istimewa itu. Kiranya anugerah Tuhan yang istimewa dalam Tuhan Yesus Kristus membawa kita semakin bertumbuh. Amin.
(lkurniaw)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*