suplemenGKI.com

( Yakobus 3 : 1 – 12 )

Apa yang dapat kita lakukan agar kehidupan kita [ tutur kata ] dapat selalu menjadi berkat dalam kehidupan sehari-hari ?
Pertama : kita harus mampu mengendalikan lidah [ perkataan] kita. [ayat 1-5].
Setiap kata-kata kita harus dikendalikan seperti kekang pada mulut kuda, dan diarahkan seperti kemudi yang mengarahkan jalannya kapal yang besar. Akan tetapi bagaimana kita mampu mengendalikan kata-kata kita ? Dengan belajar membiasakan diri mengatakan yang baik dan benar secara terus-menerus kepada siapapun, termasuk dengan anggota keluarga kita, sehingga lama-kelamaan kita akan terbiasa mengatakan yang baik dan benar.
Kedua : kita harus menyadari bahwa kata-kata kita memiliki kekuatan. [ayat 5b – 8].
Kata-kata seseorang itu memiliki kekuatan/pengaruh seperti yang dijelaskan oleh rasul Yakobus bahwa api yang kecil bisa membakar hutan yang luas, juga seumpama binatang buas beracun, racunnya bisa mematikan. Untuk itulah maka kita perlu berhati-hati dalam berkata-kata agar jangan sampai kata-kata kita itu menyakitkan hati, tidak benar/penuh kebohongan dan memfitnah.
Ketiga : kita harus konsisten dengan kata-kata kita. [ ayat 9-12]
Setiap orang Kristen harus menyadari bahwa dirinya adalah menjadi milik Kristus. Oleh sebab itu hidupnya harus mencerminkan kehidupan Kristus termasuk tuturkatanya, harus memuliakan nama Kristus dan menjadi berkat bagi keluarga juga bagi orang lain. Dalam hal ini Yakobus menggambarkan dengan sumber mata air. Tidak ada satu sumber mata air yang memancarkan air tawar dan air pahit atau pohon ara tidak akan menghasilkan buah Zaitun. Artinya jika kita adalah anak-anak Tuhan maka kata-kata kita harus menjadi berkat. Bagaimana dengan saudara ? Marilah kita menjaga agar kata-kata kita selalu sedap didengar dan menjadi berkat. Amin.
— NGT —

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*