suplemenGKI.com

Bacaan Yak 2:1-17

    Dalam memasuki bulan keluarga ini, kita mencoba bercermin dengan kitab Yak 2:1-17, bagian ini dijelaskan bagaimana dalam satu jemaat (gereja) bisa terjadi deskriminasi antara rang yang kaya dan orang yang miskin. Orang yang kaya diperlakukan dengan baik sekali sedang yang lain tidak bahkan dipinggirkan. Pembedaan ini terjadi karena pemahaman tentang Tuhan kurang utuh, dan keegoan yang terlalu tinggi, mereka hanya memikirkan yang enak dan yang gampang-gampang saja.
Tanpa kita sadari bahwa membeda-bedakan orang  dalam hidupan ini telah terjadi, baik dalam gereja, dunia kerja dan keluarga. Pembedaan terhadap orang, juga bisa terjadi di dalam keluarga kita, orang tua membeda-bedakan anaknya yang pandai dan tidak, yang rajin dan malas, yang hitam dan putih, yang baik dan bandel, yang penurut dan yang suka membantah dll. Sehingga dengan demikian pasti kita juga akan membedakan untuk memberikan perhatian kepadanya, bahkan membedakan memberikan kasih kepada mereka, yang kita senangi lebih kita kasihi.
Yakubus mengajarkan kepada kita, bahwa Tuhan itu juga memilih orang-orang yang disisihkan dunia, mereka juga menjadi umat gembalaanNya. Tuhan tidak membeda-bedakan kondisi dari seseorang, oleh sebab itu Tuhan juga mengharapkan kita untuk tidak membeda-bedakan orang lain.
Di samping itu Yakobus juga mengajarkan bahwa kalau kita beriman kepada Tuhan maka apa yang kita pikirkan, katakan dan lakukan sesuai dengan iman kita, artinya kita jangan hanya pandai bicara tetapi tidak melakukannya. Sesungguhnya Yakobus ingin mengungkapkan bahwa iman tanpa perbuatan adalah mati atau sia-sia. Jika kita beriman maka kita akan berbuat dan harus melakukan hal yang baik sesuai dengan iman kita.
Hal yang paling mudah untuk kita mempraktekkan iman justru ada dalam keluarga. Kalau keluarga anda senang dengan apa yang telah anda lakukan, anda katakan, maka itu berarti anda menjadi berkat bagi keluarga anda. Mari kita mencoba bertanya kepada seisi rumah kita, apakah mereka merindukan kehadiran kita? Apakah mereka senang dengan apa yang kita kerjakan dan katakan? Mari kita terus beriman dan berbuat yang baik untuk keluarga kita. Amin.
( dj )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*