suplemenGKI.com

Senin, 8 Agustus 2011

Yesaya 56:1-2

Pernahkah Saudara mengamati situasi di jalan raya? Di sana orang berlomba ingin cepat sampai di tujuan. Oleh karena itu bila ada kemungkinan orang akan berlomba saling mendahului, bahkan rambu-rambu lalu lintas tak jarang dilanggarnya. Akibatnya kecelakaan tak terhindarkan. Kalau sudah begini bukan hanya diri sendiri yang rugi tapi orang lain juga dirugikan. Bukan keselamatan dan kebahagiaan yang datang tapi kesusahan yang menerjang. Hal seperti itu bukan hanya terjadi di jalan raya tapi juga dalam perjalanan hidup manusia.

Pendalaman Teks Alkitab

Ayat 1: Apakah yang dikehendaki TUHAN dalam kehidupan umat-Nya?
Ayat 2: Apakah yang dirasakan umat ketika hidup dalam ketaatan?

Renungan

Apakah Saudara merasakan kebahagiaan dalam hidup ini? Kebahagiaan akan kita alami manakala kita merasakan hidup dalam keselamatan. Oleh karena itulah banyak orang berdoa: “TUHAN, berikanlah kami keselamatan!”

TUHAN melalui Yesaya memberitakan kepada umat-Nya mengenai rencana TUHAN untuk menyelamatkan mereka (ayat 1). Berita ini sungguh membahagiakan mereka sebab pada waktu itu mereka sedang berada di tahun-tahun yang gelap dan penuh frustasi. Mereka telah pulang dari pembuangan dan dalam pengharapan besar dapat membangun kembali Bait Suci Yerusalem, namun pembangunan terhambat. Yerusalem tetap menjadi reruntuhan. Terjadilah ketegangan-ketegangan dan banyak orang membangun rumahnya sendiri-sendiri. Ketidakstabilan ekonomi dan politik pun menghambat rencana pembangunan itu. Sementara ketenteraman yang diharapkan tak kunjung datang, para imam menyalahgunakan kedudukan mereka, rakyat berbakti kepada dewa-dewa di samping TUHAN, perayaan Sabat pun dianggap remeh.

Dalam situasi seperti itu, utusan TUHAN menyampaikan Firman TUHAN yang memberikan harapan dan kesadaran baru agar umat TUHAN hidup dan percaya terus. Mereka diberikan pengharapan bahwa pasti TUHAN menyelamatkan mereka. Bagaimanakah cara TUHAN menyelamatkan mereka? TUHAN akan menyatakan kebenaran dan keadilan-Nya. Melalui itu semua, umat TUHAN akan mengalami keselamatan sehingga merasakan kebahagiaan dan kesejahteraan yang selama ini mereka harapkan.

ALLAH memanggil setiap umat yang diselamatkan untuk hidup taat melakukan hukum TUHAN. Ketaatan ini dijiwai oleh hati yang bersukacita bukan terpaksa. Umat dipanggil mensyukuri keselamatan yang TUHAN janjikan dengan menahan diri dari setiap perbuatan jahat. Bila mereka dengan sukacita hidup dalam ketaatan, niscaya mereka akan selalu merasakan kebahagiaan.

Sejauh manakah kita telah menyatakan rasa syukur atas keselamatan dengan hidup menaati hukum TUHAN? Orang yang hidup dalam ketaatan akan mengalami damai sejahtera yang membahagiakan. Sebaliknya orang yang hidup dalam ketidaktaatan, hidupnya akan diombang-ambingkan oleh kekuatiran dan ketakutan sehingga tidak ada damai sejahtera. Bagaimanakah agar kita menjadi umat yang taat?

Ada sebuah penelitian yang menarik. Di sebuah kelas Taman Kanak-kanak seorang guru berkata, “Anak-anak, Ibu menaruh kue dan permen ini di atas meja. Ibu ada keperluan sebentar di kantor. Nanti kalau Ibu kembali, Ibu akan bagikan semua makanan ini untuk kalian!” Tanpa sepengetahuan anak-anak, para peneliti memasang monitor CCTV yang dipakai untuk melihat apa saja yang dilakukan anak-anak itu. Begitu sang guru keluar, beberapa anak segera mengambil kue dan permen itu. Sebagian anak mulanya ragu, tetapi melihat sikap teman yang lain mereka pun ikut mengambil. Hanya sedikit anak yang taat dan tetap duduk. Dengan cermat para peneliti mencatat perilaku setiap anak. Tiga puluh tahun kemudian, mereka mengadakan penelitian ulang terhadap anak-anak tersebut. Ternyata, anak-anak yang dulu taat kini menjadi orang-orang yang berhasil. Sedangkan anak-anak yang tidak taat menjadi orang-orang yang gagal, baik dalam rumah tangga maupun karier yang mereka bangun. Untuk menjadi taat diperlukan latihan sejak muda dan dimulai dari hal-hal yang kecil.

Saudara ingin menjalani hidup yang diliputi kebahagiaan? Belajarlah taat mulai sekarang ini.


Ketaatan mendatangkan kebahagiaan dalam hidup ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*