suplemenGKI.com

Rabu, 9 Februari 2011
Maz 119:1-8
Menjadi orang yang baik, cukup mudah. Hanya dengan membantu atau memberi sesuatu kepada orang lain, kita bisa disebut baik, karena kita memberikan keuntungan bagi mereka. Tapi untuk menjadi orang benar tidaklah mudah, sebab kebenaran sering kali menyakitkan, dan menyulut kemarahan bagi orang-orang yang merasa dirugikan, sehingga ada banyak orang yang kemudian memusuhi kita.

Ayat 1-3 : Apa ciri-ciri orang yang hidup benar ?
Ayat 4 : Bagaimana seseorang dapat hidup benar?
Ayat5-6 : Apa keuntungan bagi orang yang benar di hadapan Tuhan ?
Ayat7-8 : Apa yang selalu akan diperbuat oleh orang benar ?
Renungan :
Mazmur 119 :1-8, menggambarkan ciri-ciri orang yang hidup benar di hadapan Tuhan. Orang yang benar adalah mereka yang hidup menurut Taurat Tuhan, memegang peringatan-Nya, mencari Dia dengan segenap hati, dan yang tidak melakukan kejahatan, tetapi menuruti apa yang ditunjukkan-Nya. Orang-orang yang seperti inilah yang mendapatkan kebahagiaan yang sejati, sekalipun pelaksanaannya sangat sulit. Meski sulit, tetapi Tuhan sendirilah yang akan menolong dan memampukan umat-Nya. Dia menyampaikan segala titah-titah-Nya dan memberikan kemampuan kepada umat-Nya. Tuhan telah memberikan pegangan hidup, melalui Firman-Nya, sehingga setiap orang dapat hidup benar di hadapan-Nya, tinggal dia mau melakukannya atau tidak.
Bagi setiap orang yang hidup benar di hadapan Tuhan, mereka disebut sebagai orang yang berbahagia. Di samping itu, orang benar yang selalu berpegang pada ketetapan-Nya tidak akan pernah mendapat malu, sebab Tuhan yang selalu menjaga mereka. Tuhanlah yang menjadi pelindung dan pembela bagi setiap umat-Nya. Dengan perlindungan dan pertolongan Tuhan di dalam hidupnya, maka sudah seharusnya orang benar selalu bersyukur kepada Tuhan. Ia akan berusaha untuk menyenangkan hati Tuhan, dengan cara mengikuti segala perintah dan ketetapan Tuhan. Ia akan selalu berusaha menaati semua kehendak Tuhan di dalam hidupnya, bukan supaya mendapatkan keuntungan, tetapi karena ia bersyukur dan mengasihi Tuhan. Orang yang benar akan melakukan semua kehendak Tuhan dengan ketulusan hati.
Kebahagiaan merupakan dambaan dari setiap insan. Namun untuk mendapatkannya tidaklah mudah, membutuhkan tekad dan kemauan yang tinggi untuk selalu berusaha menaati segala peraturan dan ketetapan Tuhan, selalu mencari Tuhan, selalu berbuat baik, dan tidak lagi mengikuti hawa nafsunya sendiri.
Bagaimana dengan kita ? Maukah kita menjadi orang yang berbahagia? Jika ya, berusaha dan berjuanglah untuk tetap taat pada Firman yang telah disampaikan-Nya kepada kita melalui pelayan-pelayan-Nya, dengarkan Firman-Nya, resapi, dan jadikanlah sebagai pola di dalam ritme kehidupan kita. Mari kita lakukan kehendak Tuhan dengan penuh sukacita dan rasa syukur kepada Dia yang senantiasa menolong kita.

Berjuanglah untuk mengejar kebahagian yang sejati, sebab Tuhan akan memberikannya kepadamu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

3 Comments for this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«