suplemenGKI.com

Kamis,7 April 2016

06/04/2016

MERAYAKAN KARYA KRISTUS

Wahyu 5:11-14

 

PENGANTAR
Kebaktian Minggu kita pada hakekatnya adalah perayaan akan kebangkitan Kristus. Dalam hal ini, kematian Kristus juga kita syukuri dan kita rayakan. Demikian pula, rangkaian ibadah kita dalam satu tahun pada dasarnya adalah perayaan akan Kristus. Seluruh karya Kristus mulai dari kelahiran-Nya, pembaptisan-Nya, kematian-Nya, kebangkitan-Nya dan kenaikan-Nya ke sorga kita rayakan di sepanjang tahun yang berjalan. Jika kita merayakan peristiwa-peristiwa itu dengan sungguh-sungguh maka puji-pujian kita juga akan menggema dan terdengar oleh orang-orang di sekitar kita. Sukacita yang kita bawa pun akan dirasakan oleh setiap orang yang kita jumpai.

PEMAHAMAN

Ay. 11-12   Berapa banyak makhluk yang terlibat dalam puji-pujian akbar ini? Apa yang sesungguhnya sedang mereka rayakan?

Ay. 13-14   Siapa sajakah yang terlibat dalam puji-pujian di bagian ini? Perhatikanlah bahwa makhluk yang terlibat dalam perayaan dan puji-pujian ini semakin meluas sejak ayat 8, ayat 11, dan ayat 13. Menurut Anda, apa artinya?

Ada sangat banyak makhluk yang terlibat dalam puji-pujian ini. Selaksa sama dengan sepuluh ribu. Jadi, jumlah makhluk yang terlibat di sini mencapai puluhan juta.  Puji-pujian akbar ini dilakukan untuk merayakan kuasa Allah yang dinyatakan oleh kematian dan kebangkitan Kristus, sang Anak Domba. Kristus disambut sebagai Anak Domba yang layak menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian (ay. 12).

Perhatikanlah bahwa puji-pujian yang dinyanyikan para makhluk itu berkembang, mulai dari sorga hingga ke seluruh bumi. Pada bagian ini, makhluk yang ada di bawah bumi dan yang di laut pun ikut memuji Kristus. Puji-pujian kepada Kristus menggema dan berkembang melibatkan semakin banyak makhluk.

REFLEKSI
Sebagai orang-orang yang telah menikmati anugerah Allah melalui kematian dan kebangkitan Kristus, bagaimana aku memuji dan memuliakan Dia?  Sudahkah aku memuji dan memuliakan Kristus dengan sepenuh hatiku?

TEKADKU
Tuhan, tolonglah aku agar lebih sungguh-sungguh memuji dan memuliakan Engkau di sepanjang hidupku, baik dalam ibadah pribadi maupun dalam ibadah bersama.

TINDAKANKU
Mulai minggu ini aku akan mempersiapkan diri lebih baik dan datang lebih awal dalam Kebaktian Minggu di gereja.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«