suplemenGKI.com

Kamis,20 April 2017

19/04/2017

Yohanes 20:19-23

MENGALAHKAN KETAKUTAN

PENGANTAR
Kristus mati untuk menebus dosa manusia. Mereka yang percaya kepada-Nya akan memperoleh pengampunan dosa dan hidup dalam damai dengan Allah. Kabar baik – yaitu, pengampunan dosa – inilah yang harus diberitakan oleh para murid-Nya. Para murid berada dalam posisi yang terbaik untuk menyampaikan berita pengampunan dosa ini karena merekalah orang-orang yang paling mengenal Yesus Kristus, Sang Penebus. Karena itu, mereka diutus untuk menyampaikan berita pengampunan dosa itu kepada orang-orang di sekitar mereka (Yoh. 20:23). Namun, sebelum mengutus mereka untuk menyampaikan berita pengampunan dosa, Yesus lebih dahulu mempersiapkan mereka. Yesus mendatangi para murid-Nya yang sedang mengurung diri mereka karena ketakutan.

PEMAHAMAN

  • Ay.19-20.Apa yang membuat para murid ketakutan? Seberapa besar ketakutan mereka? Apa yang Yesus lakukan terhadap mereka?
  • Ay. 21-23. Perhatikan kalimat yang digunakan Yesus untuk mengutus para murid-Nya (ay. 21). Menurut Anda, apa artinya? Mengapa Yesus memberikan Roh Kudus kepada mereka? (lihat juga Kis. 1:8).

Sejak Yesus ditangkap, para murid sudah dicekam ketakutan. Petrus, seorang murid yang paling pemberani di antara mereka, juga merasa takut hingga ia menyangkal Yesus. Rupanya Petrus tahu – dari cara mereka bertanya – bahwa mereka juga akan menangkap murid-murid Yesus(Yoh. 18:17, 25-27).Murid-murid yanglain bahkan sudah lebih dahulu meninggalkan Yesus dan melarikan diri (Mat. 26:56b). Yesus tahu bahwa para murid-Nya sedang dicekam ketakutan. Yesus pun mendatangi mereka yang sedangmengurung diri di sebuah ruangan yang terkunci. Sesudah mengucapkan salam, Yesus menunjukkan bekas luka di tangan-Nya dan di lambung-Nya kepada mereka. Para murid pun percaya bahwa orang yang ada di hadapan mereka itu benar-benar Yesus, Guru mereka. Sukacita pun memenuhi hati mereka, dan ketakutan pun lenyap dari dalam hati mereka.

Kristus membebaskan mereka dari ketakutan bukan tanpa tujuan. Setelah terbebas dari rasa takut, mereka pun diutus untuk menyampaikan kabar baik – yaitu, berita pengampunan dosa – kepada semua orang. Ini adalah sebuah misi yang penting karena semua orang membutuhkan pengampunan dosa. Karena itu, Yesus mengutus para murid-Nya dengan bobot atau kualitas pengutusan yang setara dengan pengutusan yang diterima oleh Yesus dari Allah. Karya pemberitaan Injil yang dilakukan oleh para murid merupakan kelanjutan dari karya penebusan dosa yang dilakukan oleh Yesus. Dan, agar para murid mampu mengerjakan misi ini dengan baik, Yesus memberikan Roh Kudus kepada mereka.

REFLEKSI
Banyak orang Kristen yang ingin memberitakan Injil, namun terhalang oleh ketakutannya. Bagaimana dengan Anda?

TEKADKU
Tuhan, tolonglah aku mengatasi segala bentuk ketakutanku sehingga aku dapat memberitakan Injil kepada orang-orang di sekitarku.

TINDAKANKU
Malam minggu ini, aku akan memberitakan Injil kepada minimal satu orang, sehingga orang tersebut tahu bahwa dosa-dosanya sudah diampuni.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«