suplemenGKI.com

Kamis,12 April 2018.

11/04/2018

Bacaan : 1 Yohanes 3 : 1-2.

Thema : Menyandang Status Sebagai Anak-Anak Allah. ( bagian 1 )

PENGANTAR.
Pada zaman ini banyak orang Kristen menekankan statusnya sebagai anak-anak Allah, namun dengan pemahaman yang keliru. Ada yang menyebutkan  status ini dengan pemahaman bahwa dia akan mendapatkan apa yang dibutuhkannya dengan lebih mudah. Ada juga yang menyebutkan hanya untuk menyombongkan diri sebagai ahli waris kerajaan Sorga. Pertanyaannya bagaimana dengan anda ?

PEMAHAMAN.

  1. Apa yang menjadi dasar bagi orang Kristen disebut sebagai anak-anak Allah ? ( ayat 1 )
  2. Apa maksud Yohanes mengatakan bahwa kita adalah anak-anak Allah ? ( ayat 1 )
  3. Apa keistimewaan yang di tekankan Yohanes dengan status tersebut ? ( ayat 2 )

Menurut Alkitab status anak-anak Allah, diberikan Allah kepada umat percaya berdasarkan kasih Allah yang sangat besar. Hal itu tidak didasarkan karena umat percaya adalah orang yang hebat, kaya, tampan, cantik dan lain sebagainya, tetapi semata-mata karena kasih Allah.  Adapun status tersebut diberikan dengan tujuan supaya umat Allah semakin bergantung kepada Tuhan Allah dalam setiap aspek kehidupan, dengan menjaga dan mempertahankan kemurnian iman kita. Itu berarti kita terus diingatkan kepada Tuhan yang telah memberi status sebagai anak-anak Allah. Karena kasih-Nya yang besar rela mengorbankan Anak-Nya yang tunggal mati di kayu salib untuk keselamatan umat manusia ( termasuk kita ). Dengan demikian, ketika kita menyandang status sebagai anak-anak Allah kita menjadi umat yang berani berjuang dengan sungguh-sungguh melawan dosa dan segala macam bentuk tantangan dan godaan dunia. Dalam perjuangan melawan dosa dan tantangan dunia mungkin kita mudah kalah namun kita punya Tuhan Allah yang senantiasa menyertai kita dalam perjuangan melawan dosa. Dengan status sebagai anak-anak Allah kita diyakinkan bahwa di dalam diri kita ada kebenaran Allah yang selalu membimbing kita semakin dekat dengan Tuhan Allah. Bahkan kita akan ditolong  untuk hidup berkemenangan melawan dosa.

Menyandang status sebagai anak-anak Allah memang harus dijalani dengan penuh perjuangan agar iman kita tetap murni dan berkemenangan melawan dosa. Hal itu cukup berat, namun nanti ketika Kristus telah menyatakan Diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia. Di atas semuanya itu maka sebagai anak-anak Allah kita harus menjalani kehidupan sekarang ini dengan penuh ucapan syukur kepada Allah karena status yang istimewa tersebut. Selain itu dengan status sebagai anak-anak Allah maka kita harus menjadi berkat bagi sesama.  Karena sesungguhnya dimanapun kita berada kita harus menjadi saluran berkat.

REFLEKSI.
Renungkanlah : periksalah dengan jujur, bagaimana kehidupan anda sehari-hari sebagai anak-anak Allah.  Apakah kehidupan anda sama dengan kehidupan orang-orang dunia ?

TEKADKU
Ya Tuhan, dampingilah saya dalam menjalani kehidupan sekarang ini agar menjadi berkat.

TINDAKANKU
Saya akan menjalani kehidupan ini untuk Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«